5 Makanan yang Bisa Bikin Kulit Kusam, Apa Saja Sih?

Sumber: liputan6.com

INFO.HALLOBANUA.COM,- Sebuah pepatah pernah mengatakan bahwa ‘Makanan yang Anda makan adalah diri Anda sendiri”. Hal tersebut tentunya mengaitkan hubungan antara makanan yang dikonsumsi dengan kesehatan kulit yang tiap orang milki.

Kulit adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh karena faktanya ia memiliki ukuran terbesar. Kulit menjadi hal yang dilihat semua orang.

Dengan demikian, apa yang terlihat di kulit Anda dapat mencerminkan bagaimana kesehatan bagian dalam tubuh Anda.

Jika punya kebiasaan buruk, seperti kurang tidur, kurang makan makanan yang bergizi, hal tersebut dapat membuat kulit tampak kusam.

Adapun, jika Anda suka makan makanan yang bergizi, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup, menjadi wajar kulit Anda akan terlihat lebih bersinar.

Tak hanya kulit, badan pun ikut sehat dan bugar dari dalam maupun luar. Namun, ternyata faktor tersebut tidak hanya dipengaruhi contoh di atas saja. Bisa saja kulit kusam bisa dipengaruhi oleh makanan yang mungkin sering mengisi perut Anda setiap harinya.

Berikut adalah lima daftar makanan yang membuat kondisi kulit Anda kusam atau tidak sehat hingga dapat menimbulkan masalah.

  1. Makanan Olahan

    Makanan olahan umumnya menambahkan bahan tambahan seperti pengawet yang cukup banyak. Makanan yang terdapat pengawet antara lain roti tepung putih, keripik, kentang goreng, soda, dan permen.

    Keuntungan yang didapatkan mungkin bisa membuat hidup lebih simpel dan cepat, tetapi bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh sehingga hormon jadi berlebih dan dapat menimbulkan jerawat.

    Melansir dari Women’s Health, kulit dapat terjadi penyumbatan kulit. Kemudian, menurut konsultan nutrisi Carina Sohili mengatakan hal tersebut juga dapat mendorong penuaan kulit lebih cepat.

  2. Gula

    Jerawat sangat menyukai gula. Pendiri situs belanja kecantikan Becky Sturm menjelaskan bahwa kemerahan dan peradangan pada kulit akan berlanjut dan menjadi faktor utama bila konsumsi gila tidak dikurangi/hilangkan dari makanan.

    Terlalu banyak mengonsumsi gula juga dapat membuat keseimbangan tubuh menjadi rusak. Anda harus mengurangi asupan gula untuk kulit yang lebih sehat. Namun, apabila Anda sangat menyukai rasa manid, gantilah asupan gula dengan pemanis alami, seperti buah-buahan, kurma, jus segar, atau air kelapa.

    Selain itu, miliki kebiasaan untuk mengecek label makanan untuk mengetahui berapa banyak gula yang terkandung dalam makanan.

  3. Kafein

    Minuman berkafein membuat Anda lebih berdehidrasi sehingga mempengaruhi elastisitas dan kolagen pada kulit Anda. Menjadi wajar apabila kulit Anda nantinya akan lebih rentan untuk kendur dan keriput serta lebih kering.

    Meskipun sebagian orang mengatakan bahwa minum kopi di pagi hari dapat mengurangi kantuk dan membuat Anda terlihat lebih segar, pernyataan tersebut tidaklah sepenuhnya benar.

    Kemudian, pemilik salon spray tanning Christina Kauffman menyarankan, jika Anda tidak bisa melepaskan diri dari kopi, pastikan untuk minum delapan gelas air yang direkomendasikan agar menjaga tubuh dan kulit Anda.

  4. Makanan Cepat Saji

    Keterkaitan antara jerawat dan makanan cepat saji sangat erat karena kaya akan kalori, lemak, dan karbohidrat. Makanan cepat saji ala Barat memiliki peluang yang lebih tinggi untuk meningkatkan risiko jerawat.

    Melansir dari Health Line, salah satu studi terhadap lebih dari 5 ribu remaja dan dewasa muda Cina menemukan bahwa makan makanan cepat saji secara teratur dapat meningkatkan risiko terkena jerawat 17 persen.

    Adapun konsumsi makanan cepat saji secara rutin dapat menyebabkan masalah dalam aliran darah dan meningkatkan kolesterol. Oleh karena itu, kulit Anda jelas tidak mendapatkan suplai darah yang sehat karena darah memiliki kandungan minyak yang banyak.

  5. Keripik dan Makanan Ringan Kemasan

    Makanan jenis seperti ini memiliki cita rasa yang kuat seperti rasa gurih dan asin. Melalui rasa tersebutlah yang menjual dan menarik perhatian konsumen. Terlalu banyak garam dan pengawet dalam makanan dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh.

    Garam yang berlebih dapat membuat Anda kembung dan bengkak serta menimbulkan masalah kerutan dan jerawat. Oleh karena itu, alih-alih menyarankan untuk hindari konsumsi makanan serupa sebanyak mungkin, terutama jika terlalu banyak garam.
Azkia/May


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya