5 Manfaat Kecantikan Sabun Susu Kambing

Sumber: detik.com

INFO.HALLOBANUA.COM, - Semakin banyak sabun berbahan alami yang ada di pasaran. Sabun natural dari susu kambing menjadi salah satu pembersih kulit yang direkomendasikan. Sabun susu kambing mengandung bahan yang minimal, namun efektif, dan memiliki banyak manfaat kecantikan.

Seperti namanya, sabun susu kambing terbuat dari susu hewan tersebut. Seperti dikutip Healthline, sabun susu kambing dibuat melalui proses pembuatan sabun yang dikenal dengan nama saponifikasi yang melibatkan penggabungan asam, lemak, dan minyak dengan basa yang disebut alkali.

Di sebagian besar sabun, alkali dibuat dengan menggabungkan air dan natrium hidroksida, namun dalam pembuatan sabun susu kambing, susu kambing digunakan sebagai pengganti air yang membuat konsistensi yang lebih kental karena kandungan minyak alaminya. Selain itu, biasanya dicampur kembali dengan bahan lainnya seperti minyak zaitun atau kelapa yang dapat meningkatkan kandungan lemak pada sabun. Inilah lima manfaat kecantikan dari sabun susu kambing.

  1. Kandungannya Lembut dan Ringan

    Sebagian besar sabun mengandung surfaktan keras yang dapat menghilangkan kelembapan dan minyak alami kulit yang menyebabkan kulit terasa kering dan kencang. Untuk menjaga kelembapan, pilihlah sabun yang tidak menghilangkan lemak alami di lapisan kulit. Sabun susu kambing menawarkan lemak dalam jumlah yang tinggi, terutama kandungan kaprilat yang dapat menghilangkan kotoran dengan lembut tanpa menghilangkan asam lemak alami pada kulit.

  2. Kaya Nutrisi

    Susu kambing kaya akan asam lemak dan kolesterol yang membentuk sebagian besar membran kulit. Kurangnya komponen tersebut di kulit dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi. Selain itu, susu kambing juga sumber vitamin A yang terbukti memiliki sifat antiaging. Sejumlah nutrisi tersebut dapat mengatasi masalah psoriasis pada kulit

  3. Menghidrasi Kulit

    Kulit kering atau yang dikenal dengan xerosis merupakan kondisi yang menyebabkan kadar air rendah dalam kulit. Normalnya, hilangnya kadar kelembapan (lipid) di kulit prosesnya lambat, namun dengan ketika level kelembapannya rendah, maka kulit akan lebih cepat dehidrasi. Orang-orang dengan kondisi psoriasis dan eczema biasanya memiliki kadar kelembapan kulit yang rendah. Untuk memperbaiki kekeringan pada kulit, kadar lipid perlu diisi kembali. Dengan sabun dari susu kambing bisa menggantikan kelembapan kulit yang hilang sehingga bisa terhidrasi kembali.

  4. Eksfoliasi Alami

    Sabun susu kambing mengandung senyawa yang dapat mengeksfoliasi kulit secara alami berkat kandungan asam laktat. Kandungan tersebut merupakan asam alfa-hidroksi (AHA) alami yang bekerja menghilangkan lapisan atas sel kulit mati dengan lembut, dan membuat kulit lebih awet muda. Asam laktat juga diketahui sebagai bahan AHA yang paling lembut sehingga menjadi eksfoliasi alami yang cocok untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.

  5. Dapat Mencegah Jerawat

    Susu kambing juga membantu merawat dan mencegah kulit yang berjerawat. Seperti yang telah dijelaskan bahwa susu kambing mengandung asam laktat yang merupakan eksfoliasi alami yang dengan lembut mengangkat sel kulit mati sehingga membantu mencegah jerawat karena dapat menjaga pori-pori tetap bersih dari kotoran, minyak dan sebum yang berlebih.
Kini sejumlah brand telah merilis sabun susu kambing. Merek sabun susu kambing yang terkenal adalah Leivy Natural yang diklaim mengandung vitamin A, B, dan C. Sabun ini bisa didapatkan di supermarket dan drugstore.

Ada pula sabun susu kambing dari brand The Goat Skincare. Brand asal Australia itu memiliki sabun mandi The Goat Skincare Body Wash with Manuka Honey yang terbuat dari susu kambing bercampur dengan manuka. Sabun tersebut erfungsi untuk membersihkan dan melembapkan kulit kering, gatal, dan sensitif. The Goat Skincare Body Wash with Manuka Honey bisa didapatkan di Sociolla seharga Rp 129 ribu.

Azkia/May

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya