Mengenal Danau Paling Dalam di ASEAN, Bukan Toba

Sumber: liputan6.com

INFO.HALLOBANUA.COM, - Danau paling dalam di Asia Tenggara bukanlah Danau Toba. Ternyata, Danau Matano yang terletak di Sulawesi Selatanlah destinasi itu.

Ya, Danau Matano di Pulau Sulawesi memiliki kedalaman hingga lebih dari setengah kilometer ke dalam bumi. Kedalamannya ini puluhan meter melebihi Danau Toba yang berada di angka 505 meter.

Ternyata bukan Danau Toba, #SahabatPUPR. Danau terdalam di Indonesia adalah Danau Matano di Sorowako, Sulawesi Selatan yang juga merupakan danau terdalam di Asia Tenggara. Kedalamannya mencapai 590 meter lho, Sahabat," terang Kementerian PUPR dalam unggahan Instagramnya beberapa waktu lalu.

Danau Matano bakal jadi destinasi yang diperbaiki fungsi utamanya oleh pemerintah.

"Danau Matano masuk ke dalam 15 danau prioritas yang akan direvitalisasi secara bertahap oleh Kementerian PUPR. Revitalisasi danau bertujuan untuk mengembalikan fungsi alami danau sebagai tampungan air melalui pengerukan sedimen, pembersihan gulma air/eceng gondok, pembuatan tanggul, termasuk penataan di kawasan daerah aliran sungai," kata Kementerian PUPR.

Dihimpun dari berbagai sumber, Matano dalam Bahasa Dongi adalah mata air. Dongi merupakan sebuah desa terletak di kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Azkia/May 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya