Kenapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Hayati?

sumber: floradanfauna.kompas.com

info.hallobanua.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Rabu, 16 September 2020 membahas mengenai Keanekaragaman Hayati Indonesia untuk siswa SMP dan sederajat.

Dalam tayangan tersebut, terdapat tiga pertanyaan. Berikut soal pertama dan jawabannya:

Soal: Berdasarkan tayangan tersebut, jelaskan faktor penyebab Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang amat tinggi!

Jawaban: Secara geografis, letak Indonesia dilewati oleh garis zamrud khatulistiwa dan memiliki iklim tropis. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi.

Pohon-pohon yang sudah tinggi dan besar tumbuh di hutan menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati. Indonesia merupakan tempat keanekaragaman hayati terkaya di dunia. Di negara kepulauan ini terdapat 115 hewan mamalia (menyusui) atau 12 persen dari 515 hewan mamalia di Dunia.

Indonesia juga memiliki 1500 jenis burung, 600 jenis hewan reptilia dan 270 hewan jenis ampibi.

Di bidang kelautan Indonesia memiliki beragam jenis terumbu karang dan ikan yang melimpah, termasuk 97 jenis ikan karang yang hanya hidup di perairan laut Indonesia. Bahkan jenis ikan air tawar Indonesia memiliki 1.400 jenis ikan.

Kemudian memiliki 25 ribu tumbuhan berbunga atau 10 persen dari tumbuhan berbunga di dunia. Secara keseluruhan Indonesia memiliki sekitar 38 ribu jenis tumbuhan tingkat tinggi, yaitu tumbuhan yang memiliki daun, akar, batang.


Mahlan / may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya