Salah Satu Cerita Urban Legend yang Masih Terkenal Di Indonesia

Sumber: cnnindonesia.com

info.hallobanua.com - Salah satu cerita rakyat yang tumbuh subur di masyarakat Indonesia adalah cerita legenda perkotaan atau urban legend. Biasanya, kebanyakan berkaitan dengan misteri, horor, bahkan kisah moral.

Menurut penelitian Anas Ahmadi dari Universitas Negeri Surabaya, urban legend menjadi salah satu yang dicakup folklor hantu atau ghostlore. Dalam konteks urban legend, cerita hantu menempati rumah sakit, rumah makan, kampus, pabrik, jembatan, dan mal.

Hal itu ditulis Anas dalam penelitian bertajuk Legenda Hantu Kampus di Surabaya: Kajian Folklor Hantu (Ghostlore) Kontemporer dan diterbitkan dalam buku Folklore Nusantara: Hakikat, Bentuk, dan Fungsi (2013) yang disunting oleh Dr Suwardi Endraswara, M.Hum.

Kisah-kisah misteri urban legend yang masih diingat masyarakat saat ini salah satunya adalah cerita kolor ijo.

Cerita hantu Kolor Ijo merupakan salah satu urban legend yang muncul di berbagai daerah di Indonesia. Cerita tentang Kolor Ijo diyakini bermula dari kasus pemerkosaan di Kampung Cijengkol, Bekasi, Jawa Barat pada Oktober 2003.

Korban mengaku bahwa ia diserang oleh seorang lelaki bertubuh besar dan berbulu yang hanya mengenakan celana dalam berwarna hijau. Tak lama kemudian, cerita ini juga muncul di kampung tetangga dan kampung-kampung lainnya.

Kejadian ini lantas menimbulkan spekulasi di masyarakat. Ada warga yang mengatakan bahwa pelaku adalah seorang laki-laki yang sedang berusaha menyempurnakan ilmu hitamnya dengan syarat memperkosa banyak perempuan.

Kejadian ini juga menarik salah satu stasiun televisi untuk mengadaptasi cerita itu dalam sinetron berjudul Kolor Ijo (2004).


Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya