3 Cara Simpan Bakpao Telo agar Tahan Lama

sumber: kuliner.kompas.com

info.hallobanua.com - Tips menyimpan Bakpao Telo oleh-oleh yang berasal dari kota Malang.

Sedang berkunjung ke Malang dan bingung mau beli oleh-oleh apa? Salah satu oleh-oleh andalan Malang adalah bakpao telo.

Bakpao telo merupakan olahan ubi jalar ungu dengan berbagai bahan membuat bakpao. Bakpao telo disajikan dengan banyak isian, seperti cokelat dan kacang hijau agar lebih menggiurkan.

Melalui wawancara via telepon, Irfan Widiyanto selaku pengelola outlet Bakpao Telo di Malang membagikan tips menyimpan bakpao telo yang benar agar tahan lama. Bekal untuk oleh-oleh kerabat atau keluarga.

1. Cara simpan bakpao telo matang

Semenjak pandemi, produk olahan ubi ungu ini dilakukan pengemasan ulang agar sesuai dengan standar makan yang aman.

Kepada Kompas.com, Irfan bercerita kalau sebelum pandemi bakpao telo biasanya dijual dalam keadaan ready to eat.

Namun semenjak pandemi datang, bakpao telo dikemas seperti frozen food. Oleh karena itu, bakpao telo harus dihangatkan terlebih dahulu.

Di outlet Bakpao Telo, kamu bisa meminta bakpao telo yang dihangatkan agar bisa dinikmati diperjalanan.

Irfan mengatakan kalau bakpao telo yang sudah dihangatkan dari outlet biasanya mampu bertahan selama tiga hari di suhu ruang.

“Kalau beli di tempat kita, lalu pembeli minta bakpao telo untuk dihangatkan. Itu mampu bertahan selama tiga hari. Jadi, kalau disimpan kembali dalam kemasan masih bisa dimakan lagi sampai tiga hari kedepan. Insyallah tidak ada perubahan pada bakpaonya.” jelas Irfan kepada Kompas.com pada Rabu (03/10/2021).

Irfan menambahkan kalau bakpao telo dalam kemasan juga bisa disimpan di suhu ruang selama tiga sampai satu minggu.

"Itu bisa awet tiga hari sampai satu minggu. tapi itu dalam kondisi yang normal ya. dalam artian tidak dibuka kemasan, trus dihangatkan, dimasukkan kembali ke kemasan. itu bisa sampai satu minggu di suhu ruang." tambah Irfan.

2. Cara simpan bakpao telo di freezer

Saat pandemi terjadi, bakpao telo yang mana merupakan oleh-oleh populer khas Malang ini dikemas ulang dengan menggunakan bungkus untuk frozen food agar lebih aman.

Oleh karena itu, Irfan menyarankan untuk menyimpan bakpao telo di freezer agar tahan lama.

“Bakpao telo yang disimpan di freezer dalam keadaan beku bisa tahan sampai tiga bulan. Namun, untuk menghangatkannya kembali, pastikan untuk mencairkannya dulu di suhu ruang. Cara menghangatkannya ini tergantung pada kesabaran masing-masing orang.” tutur Irfan.

3. Cara simpan bakpao telo di lemari es

Dalam penuturannya, Irfan menyarankan kalau mau menyimpan bakpao telo di lemari es. Cukup selama satu hari agar tetap enak setelah dihangatkan.

“Saya contohkan begini, kalau beli empat pack, satu pack dibuka dimasukkan pendingin itu enak sampai besoknya. Kalau tiga packnya lagi ingin dibuat oleh-oleh pergi ke luar kota, sebaiknya disimpan di freezer.” ujar Irfan.

Azizah/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya