Bukan Cuma di China, Ada Negara Lain yang Punya Pangsit Enak

sumber: cnnindonesia.com

info.hallobanua.com - Banyak orang berpikir bahwa pangsit adalah makanan yang hanya ada di China. Namun udang cincang yang dibungkus kulit tipis ini juga ada di beberapa negara lainnya.

pangsit adalah makanan populer di seluruh dunia: sederhana dan kompleks, lokal dan global, mudah beradaptasi namun tetap di daerah asal mereka sebagai makanan pokok yang murah dan lezat untuk camilan.

Berikut pangsit-pangsit terenak di dunia versi CNN:

Xiaolongbao

Disajikan dikukus dalam keranjang bambu, xiaolongbao terlihat berbeda dari jenis pangsit Cina lainnya, karena kulitnya dikumpulkan dan dijepit di bagian atas, bukan dilipat menjadi dua.

Xiaolongbao juga unik karena selain isian daging babi tradisional, sepotong kecil aspik dilipat ke dalam pangsit, yang meleleh saat dikukus. Berkat kaldu, isiannya tetap lembap dan beraroma.

Ravioli


Ravioli memang mirip dengan dumpling. Terbuat dari berbagai isian dengan bungkus kulit yang tipis.

Pangsit pedas Sichuan

Pangsit pedas Sichuan juga dikenal sebagai chao shou.

Wonton Sichuan yang pedas, atau chao shou, disajikan di meja dengan minyak cabai pedas yang dibumbui dengan merica Sichuan dan saus cuka hitam.

Perpaduan daging yang gurih, kulit pangsit yang halus dan saus yang membuat lidah mati rasa, membuat hidung pilek paling enak yang pernah Anda rasakan.

Manti

Manti berasal dari Asia Tengah -- mereka dimakan di tempat-tempat seperti Turki, Cina barat laut, Azerbaijan dan Kazakhstan -- dan sangat erat hubungannya dengan varian pangsit Asia Timur.

Diadopsi oleh orang Turki yang bepergian melintasi Asia Tengah selama Kekaisaran Mongol, pangsit ini bisa diisi dengan domba, sapi, puyuh atau ayam -- atau dibiarkan kosong. Makanan ini biasanya disajikan dengan yogurt.

Bryndzové halušky

Merupakan pangsit asal Slovakia yang disajikan bryndza, keju domba Slovakia, dan ditaburi dengan bacon atau lemak babi.

Siomay

Camilan yang satu ini, Anda pasti sudah akrab. Ini merupakan dim sum dari Kanton. Diadopsi dari masakan Indonesia Tionghoa, varian siomay paling populer ditemukan di Bandung dan disajikan dengan siraman saus kacang.

Wonton

Wonton udang ala Hong Kong adalah pangsit tebal berisi udang dan babi cincang. Ini biasanya disajikan dengan mie telur tipis atau sendiri dalam kaldu makanan laut.

Pierogi

Berasal dari Eropa Tengah dan Timur, pierogi paling sering dianggap sebagai bahasa Polandia.

Pangsit ini bisa diisi dengan kentang, daging cincang, keju, buah atau asinan kubis. Mereka biasanya direbus, lalu digoreng dengan mentega dengan bawang bombai.

Modak

Modak adalah manisan dari Maharashtra, dipersembahkan kepada Dewa Ganesha selama Ganesh Chathurthi, festival yang didedikasikan untuknya setiap tahun antara Agustus dan September.

Dushbara

Pangsit Azerbaijan ini diisi dengan daging domba atau sapi, dan biasanya disajikan dalam kaldu.

Kartoffelknoedel

Ditemukan di seluruh Jerman, kartoffelknoedel, atau pangsit kentang, biasanya menyertai hidangan daging.

Coxinha

Coxinha adalah bola adonan goreng dengan suwiran ayam di dalamnya. Ini adalah makanan jalanan yang populer di Brasil:

Pelmeni

Pelmeni adalah pangsit Rusia dari Siberia. Mirip dengan jiaozi Cina, manti Turki, dan pierogi Eropa timur, pelmeni dibedakan dari ketebalan kulit pangsitnya. Merupakan makanan asin.

Dim sim

Dim sim adalah perpaduan daging atau ikan yang dicampur dengan kol dan dibungkus dengan kulit dan bisa digoreng, dikukus atau dipanggang.

Briko

Kata "brik" diperkirakan berasal dari bahasa Turki, tetapi ini adalah pangsit khas Tunisia, segitiga goreng yang lezat, seringkali dengan telur yang dimasukkan ke dalamnya untuk menambah rasa lengket.

Banh bot loc

Banh bot loc adalah pangsit babi dan udang Vietnam, dengan pembungkus yang terbuat dari tepung tapioka.

Empanada

Empanada adalah kue yang diisi dengan daging, ikan, atau isian lainnya, lalu dipanggang atau digoreng. Isiannya bisa bermacam-macam dari sayur sampai daging.

Tangyuan

Tangyuan adalah makanan penutup Cina -- bola lengket yang terbuat dari tepung beras ketan berisi isian manis, seperti kacang tanah atau pasta wijen hitam, dan disajikan dalam semangkuk sup manis atau digulung dengan kacang tanah.

Kimchi mandu

Mandu adalah versi Korea dari pangsit. Mandu sering dilipat menjadi bentuk melingkar, teknik yang jarang ditemukan dalam masakan Cina dan biasanya diisi dengan kimchi.

Bawan

Bawan adalah jajanan jalanan Taiwan yang biasa ditemukan di pasar malam di sekitar pulau.

Bungkus tembus pandang yang terbuat dari tepung beras, tepung jagung, dan tepung ubi jalar berisi daging babi, rebung, dan jamur. Bawan disajikan dengan kuah yang manis dan gurih.

Momo

Momo adalah pangsit yang ditemukan di masakan India utara, Nepal, dan Tibet. Mereka dapat diisi dengan daging, sayuran atau keju, dan biasanya disajikan dengan saus celup berbahan dasar tomat.

Gyoza

Gyoza Jepang cenderung dibuat dengan pembungkus yang lebih tipis dan diisi dengan daging babi cincang.

Teochew

Teochew fun gor diisi dengan campuran udang, babi, sayuran, dan kacang yang lezat.

Samosa

Samosa adalah camilan goreng yang populer di Asia selatan dan tenggara.

Khinkali

Khinkali menyerupai xiaolongbao. Ini dibentuk dengan mengumpulkan lipatan pembungkus di bagian atas dan diisi dengan daging sapi dan babi yang dibumbui.

Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya