Diet Anti-Aging: Cara, Syarat, dan Daftar Makanan

sumber: cnnindonesia.com

info.hallobanua.com - Seiring bertambahnya usia, proses penuaan secara alami pastinya akan terjadi perlahan. Tapi hal ini masih dapat dicegah dengan menerapkan pola diet anti aging atau anti-penuaan.

Dikarenakan fokusnya meminimalisir tanda-tanda penuaan, diet ini lebih mengutamakan pemilihan asupan makanan yang bisa meningkatkan kualitas hidup dan membuat kulit lebih awet muda.

Selain mempersiapkan makanan bernutrisi, diet anti-penuaan juga memperhatikan bagaimana cara Anda mengelola stres dengan baik. Sebab, stres sangat berpengaruh pada kesehatan.

Syarat Diet Anti Aging

Syarat utama dalam menjalani diet ini yaitu memperhatikan kualitas makanan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Selanjutnya, makanan harus memenuhi prinsip gizi sehat seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral dan lainnya.

Menjalani diet ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian atau boleh defisit kalori. Asalkan, jenis makanannya memang benar-benar sehat, bukan olahan, atau junk food.

Makanan Diet Anti Aging

Dilansir WebMD, diet anti aging sangat mengutamakan sumber makanan terbaik, khususnya yang tinggi antioksidan.

Di bawah ini ada makanan-makanan terbaik sebagai booster anti-aging dan beberapa makanan yang perlu dibatasi atau dihindari karena bisa memicu penuaan.

Makanan yang Dianjurkan.

Berikut beberapa makanan yang dianjurkan oleh diet anti-penuaan.

1. Salad romaine

Salad romaine terdiri dari aneka sayuran hijau tinggi vitamin A dan C seperti bayam, wortel, brokoli, selada air dan lainnya.

2. Salmon

Ikan salmon mengandung tinggi asam lemak omega-3 untuk melawan peradangan. Selain salmon, alternatifnya ada ikan tuna yang juga sama bagusnya.

3. Yogurt

Jenis yogurt terbaik untuk melawan penuaan yaitu Bulgarian yoghurt. Yogurt satu ini memiliki bakteri baik yang efektif memelihara kesehatan tubuh secara menyeluruh.

4. Buah beri

Rata-rata buah beri sangat tinggi vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit serta membantu menangkal radikal bebas.

5. Sayuran hijau

Anda juga disarankan memperbanyak asupan sayuran hijau. Makanan satu ini dipercaya dapat mengurangi garis-garis halus penyebab kerutan pada wajah.

6. Tomat

Menurut American Institute for Cancer Research, tomat mengandung likopen yang bersifat sebagai anti-kanker, khususnya kanker kulit.

7.Alpukat

Vitamin E tinggi pada alpukat dapat menjaga kelembapan dan kesegaran kulit sehingga terlihat awet muda. Alpukat juga banyak dijadikan sebagai bahan utama produk kecantikan.

8.Melon dan semangka

Salah satu buah-buahan terbaik yang bisa mencegahh penuaan yaitu melon dan semangka. Keduanya tinggi akan vitamin B, C dan E.

9. Bawang putih

Campuran bawang putih dalam takaran wajar ke dalam menu makanan juga bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu mencegah penuaan.

10. Kacang-kacangan

Lentil dan kacang-kacangan adalah sumber protein baik dan sarat dengan serat juga nutrisi. Anda bisa mengonsumsi kacang hitam, kacang polong, buncis, atau cannellini.

11. Air mineral

Air mineral nol kalori bermanfaat menghambat penuaan dini dan menjaga kelembapan. Disarankan mengonsumsinya sesuai kebutuhan tubuh supaya jumlah cairan terjaga.

Makanan yang Perlu Dihindari

Kategori makanan yang harus dihindari umumnya tidak hanya mempercepat penuaan, tapi berisiko pada penyakit berbahaya seperti diabetes tipe 2 hingga obesitas. Berikut daftarnya:
  • gorengan
  • kue-kue tinggi gula tambahan dan tepung
  • makanan tinggi lemak dan garam
  • makanan yang diproses atau olahan
  • junk food
  • makanan atau minuman mengandung alkohol
  • aneka jeroan

Cara Melakukan Diet Anti Aging

Diet ini dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal berikut.
  • diet sehat seimbang
  • konsumsi makanan tinggi antioksidan
  • penuhi kebutuhan cairan harian supaya tidak dehidrasi
  • batasi asupan gula tambahan
  • konsumsi suplemen tambahan (opsional)
  • olahraga rutin minimal 3 kali seminggu
  • kelola stress dengan baik
  • istirahat yang cukup dan hindari begadang

Kunci keberhasilan diet anti aging bersifat untuk jangka panjang. Diperlukan pola pikir yang tepat untuk menciptakan pola hidup yang sehat demi hasil yang maksimal.

Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya