Legenda di Balik Kambang Barenteng, Ternyata Ada Kaitannya dengan Puteri Kerajaan

sumber: banjarmasinpost.co.id, martapura

info.hallobanua.com - Kambang (kembang) baranteng begitu lekat dengan Kalimantan Selatan (Kalsel). Apalagi ketika menginjakkan kaki di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, rangkaian bunga melati dan sejenisnya ini begitu mudah dijumpai.

Maklum, Banjar memang merupakan sentra tanaman florikultura di Kalsel terutama bunga melati, mawar, dan kenanga. Bahkan di daerah berjuluk Bumi Barakat ini ada distrik yang dinamanakan Kampung Melati yakni di Desa Jingah Habangilir, Kecamatan Karangintan. Total luasan kebun melati di desa ini mencapai puluhan hektare.

Biasanya kambang barenteng dipakai untuk keperluan ritual keagamanan, kematian, pernikahan hingga menyambut pejabat penting yang berkunjung ke Bumi Antasari. Ada juga segelintir kalangan yang menjadikannya oleh-oleh.

Namun di balik itu semua, ada legenda agung tentang sejarah atau asal-usul keberadaan kambang barenteng hingga dijadikan bagian dari kebudayaan Banjar sejak ratusan tahun silam. Kambang barentang adalah rangkaian bunga-bunga segar yang terdari atas bunga melati, mawar, kenanga, dan kembang kertas.

Arif / may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya