Beda Video Reels di Instagram dan Facebook


sumber: kompas.com

Info.hallobanua.com - Fitur video pendek Reels yang semula tersedia di Instagram diperluas ke aplikasi Facebook.

 Disebut sebagai Facebook Reels, fitur ini awalnya diluncurkan untuk pengguna Facebook di Amerika Serikat (AS).

 Namun kini fitur itu diperluas lagi secara global, sehingga pengguna Facebook di seluruh dunia bisa menggunakannya.

 Reels sendiri memulai debutnya pada tahun 2020 di aplikasi Instagram. Secara teknis fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit video pendek seperti di TikTok. Lantas apa bedanya Reels di Instagram dan Facebook?
Perbedaan Instagram Reels dengan Facebook Reels tampak dari sisi antarmukanya.

 Selain itu, beberapa menu edit juga dirancang agak berbeda. Antarmuka Secara umum tampilan Reels di Instagram maupun Facebook tampak identik.

 Pengguna akan mendapati sejumlah menu untuk mengedit video pada kamera di aplikasi. Di antara menu tersebut yaitu audio untuk menambahkan musik, durasi video, kecepatan video, hingga efek video yang akan digunakan.
Namun penempatan menu edit di kedua aplikasinya cukup berbeda. Di Facebook, menu edit berada di sisi kanan, sementara di Instagram ditempatkan di sisi kiri.

 Beberapa menu editnya juga tampak berbeda. Sebab Facebook Reels dilengkapi dengan fitur Greenscreen, yang tidak ditemukan di Instagram Reels. Sementara itu menu kolase video juga hanya tersedia di Instagram dan tidak muncul di Facebook Reels.
Konsep ini berbeda dengan Instagram Reels, karena pengguna dapat melihat sejumlah konten Reels dari siapa pun, sesuai dengan preferensi minatnya.

 Penempatan Reels Selain dari sisi antarmuka dan audiensnya yang berbeda, penempatan fitur Reels di kedua aplikasi milik Meta ini juga berbeda. Instagram Reels memiliki tab tersendiri, meskipun tetap dapat dilihat di tampilan utama aplikasi, khusus untuk Reels dari pengguna yang diikuti. Saat pengguna membuka Reels di Instagram, tampilannya menjadi vertikal dan dapat digulir atas-bawah seperti di TikTok.
Sementara itu Facebook Reels ditempatkan di antara Stories dan Rooms, sehingga pengguna dapat mengaksesnya ketika membuka tampilan utama aplikasi Facebook, tanpa pindah ke tab lain.

 Serupa dengan Instagram, untuk melihat konten Reels lainnya, pengguna dapat menggulirkan ke atas atau bawah dari video Reels yang ditonton.

 Pengguna juga dapat membubuhkan like pada video hingga berkomentar atau membagikan video Reels Facebook ke pengguna atau aplikasi lainnya.

 Facebook Reels bisa diakses oleh pengguna Facebook global, melalui aplikasi Facebook di perangkat iOS maupun Android. Pantauan KompasTekno pada Rabu pagi,

 Facebook Reels ini sudah tersedia pada aplikasi Facebook versi 354.0.0.22.110 untuk ponsel Android di Indonesia. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

rifai/may


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya