Banjir Rob Banjarmasin, Kalak BPBD Himbau Masyarakat Jangan Panik


hallobanua.com, BANJARMASIN - Banjir rob telah merendam beberapa Kecamatan di Banjarmasin beberapa hari tadi. 

Bahkan, dari pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin di kawasan Kuin Cerucuk, Kecamatan Banjarmasin Barat, pada Sabtu, (21/05/22) lalu, ketinggian air mencapai 40 cm atau di bawah lutut orang dewasa. 

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBDKota Banjarmasin, Fahrurraji mengaku, jika dari pantauan BMKG, banjir rob diprediksi terjadi mulai tanggal 18 sampai 26 Mei 2022. 

"Tapi puncaknya itu mulai tanggal 18 sampai 24 Mei kemarin," ujarnya saat ditemui hallobanua.com, di Balai Kota Banjarmasin, Rabu, (25/05/22). 

Namum, kata pria yang biasa Razie itu, dari pantauan pihaknya pada Selasa, (24/05/22) kemarin, hanya ada 2 wilayah yang masih terendam banjir rob. Banjir rob ini pun kata dia sudah mengalami penurunan. 

"Yakni Banjarmasin Timur dan Utara. Kalau sebelumnya hampie 5 Kecamatan dengan ketinggian mengkhawatirkan. Jadi ini sudah menurun," katanya. 

Banjir rob ini kata Razie, tentunya tergantung daripada pasang air laut. Ia bilang pasang air laut terjadi pada saat bulan purnama, dan rutin terjadi. 

Mengingat Kota Banjarmasin juga berada dibawah permukaan laut, tentunya banjir rob ini tidak dipengaruhi musim baik hujan ataupun kemarau. 

"Saat ini kan bulan dekat dengan bumi, jadi air laut pasang. Karena memang juga Banjarmasin dibawah permukaan laut. Sehingga jika air pasang laut terjadi tentu air masuk ke darat melalui aliran sungai Barito," jelasnya. 

Dari data, tahun 2022 ini kata dia hampir setiap bulan terjadi banjir rob, bahkan berdampak dengan aktifitas masyarakat Seribu Sungai, ia pun meminta masyarakat agar terbiasa dengan keadaan Banjir rob ini. 

"Sekali lagi, karena ini menjadi ciri khas kita sebagai daerah pasang surut, tentunya kita harus menyesuaikan dengan keadaan ini," ujarnya. 

"Jangan kita panik, dan antisipasinya kami BPBD jelas selalu siap monitoring kelapangan dan mempersiapkan segala sesuatunya. Jika diperlukan tindakan penyelamatan, kami sudah siap," pungkasnya. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya