3 Destinasi Wisata Alam Petualang yang Wajib Dikunjungi di Banjarmasin


INFO.HALLOBANUA.COM, - Kota dengan julukan seribu sungai, Banjarmasin menyimpan panorama alam yang indah dan unik. Lokasinya yang diapit dua sungai yang menjadi aset pariwisata Banjarmasin yakni sungai Martapura yang bermuara pada sisi timur dan Sungai Barito, menjadikan kota ini kaya akan wisata bahari.

Banjarmasin juga memiliki keindahan bentang alam dan sejumlah tempat wisata lain yang layak dikunjungi. Ingin jelajahi lebih banyak objek wisata yang ada di Banjarmasin? Simak rekomendasinya berikut!


1. Bukit Rimpi, Pelaihari

Tujuan wisata di Banjarmasin pertama yang dapat kamu kunjungi adalah Bukit Rimpi Pelaihari. Objek wisata Banjarmasin yang didominasi Padang savana hijau yang luas dengan kontur perbukitan ini menyajikan pemandangan yang memanjakan mata para pengunjungnya.

Karena hamparan rumput luas dengan bukit-bukit kecil menjulang tersebut, bukit ini juga dikenal dengan sebutan "Bukit Teletubbies"-nya Banjarmasin. Mengunjungi objek wisata di Banjarmasin yang hijau asri ini, kamu akan serasa berada di New Zealand karena ternak warna yang terkadang tengah merumput di savana ini.

Akses untuk menuju destinasi wisata di Banjarmasin ini tidak sulit, dari pusat Kota Banjarmasin kamu menuju Kota Pelaihari yang berjarak 65 Kilometer dengan waktu tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan. Arahkan kendaraan menuju Tanah Bumbu. Dari lokasi tersebut, sekitar 7-8 km kemudian kamu akan masuk ke Desa Tampang hingga menemukan spanduk bertuliskan “Parkiran Bukit Rimpi”.


2. Danau Biru Pengaron Kabupaten Banjar

Sebagai daerah yang kaya akan hasil tambang, sejumlah daerah di Banjarmasin memiliki kawasan bekas tambang yang sudah tidak terpakai. Kawasan-kawasan tersebutlah yang beberapa diantaranya berevolusi menjadi danau cantik dengan air berwarna biru. Danau Biru Pengaron merupakan salah satu bekas tambang yang kini menjadi destinasi wisata di Banjarmasin yang ramai dikunjungi.

Danau yang berada di Desa Sungkai, Kecamatan Simpang Empat Pengaron, Kabupaten Banjar memeiliki jarak tempuh dari Kota Banjarmasin sejauh 100 Kilometer dengan waktu tempuh 2 jam 10 menit berkendara.

Untuk mencapai lokasi Danau Biru Pengaron juga tidak mudah. Kamu harus melewati jalan berbatu-bebat dan terjal. Jadi harus berhati-hati untuk menuju lokasi wisata di Banjarmasin. Meski begitu perjalanan yang jauh dan melelahkan langsung terbayar lunas saat berada di Danau Biru Pengaron.

Pemandangan danau yang indah dengan air berwarna biru dan dikelilingi tebing-tebing tinggi serta pepohonan yang rindang membuat pemandangan di kawasan wisata alam Banjarmasin ini sangat eksotis dan memukau!


3. Danau Sari Ambun, Bati-Bati

Ingin datang ke danau alami yang belum ramai pengunjung? Kamu harus berwisata ke Danau Sari Ambun. Destinasi wisata di Banjarmasin yang dijuluki dengan Ranu Kumbolonya Kalimantan Selatan ini cocok untuk kamu yang ingin berlibur di tempat hening dan asri.

Meski berada di kawasan sebuah perusahaan tambang, namun untuk masuk ke Danau Sari Ambun tidak dikenakan biaya apapun. Nah, bagi yang ingin berkunjung ke objek wisata di Banjarmasin ini disarankan tidak datang pada musim hujan karena jalan menuju lokasi akan berlumpur dan susah dilewati.

Danau Sari Embun berada di Desa Imban, Kecamatan Bati-Batu, Kabupaten Tanah Laut. Jika kamu hendak ke lokasi, dari Kota Banjarmasin jaraknya sejauh 53,7 Kilometer dengan waktu tempuh selama 1 jam 14 menit berkendara.

Untuk menuju Danau Sari Embun, kamu harus melewati hutan pohon karet terlebih dahulu pada pintu masuk menuju wisata di Banjarmasin ini. Patokannya, saat bertemu portal kamu jangan berbelok karena jika berbelok justru akan masuk dalam hutan karet.

Karena lokasinya yang terpencil, maka destinasi tempat wisata di Banjarmasin ini relatif sepi dan tenang. Pemandangan di danau juga sangat cantik. Jika berkunjung pada pagi atau sore hari, kamu bisa menikmati matahari yang terbit dan tenggelam di perbukitan yang berada di belakang danau.

Aisyah/Yayan


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya