5 Menu Appetizer yang Biasa Orang Indonesia Konsumsi, Mana Favoritmu?

sumber :idntimes.com

INFO.HALLOBANUA.COM,- Berbicara mengenai dunia kuliner tentu saja kita mengenal istilah appetizer atau hidangan pembuka. Meski biasanya menu-menu yang tersaji dalam hidangan ini umumnya dikonsumsi oleh orang luar, namun bukan berarti tidak ada di Indonesia, lho. Olahan-olahan lokal Indonesia juga ada yang termasuk ke dalam menu pembuka sebelum hidangan utama. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja hidangan pembuka atau appetizer ala masyarakat Indonesia, berikut lima daftarnya! 

1. Bakwan 

Camilan santai dengan rasa gurih dan tekstur yang renyah ini memang selalu tak pernah gagal dalam mengambil hati masyarakat Indonesia. Ada beragam jenis gorengan yang dapat dikonsumsi sebagai menu pembuka. Namun jenis gorengan seperti bakwanlah yang dirasa paling tepat. Tentunya satu bakwan saja rasanya tak cukup, ya. 


2. Lumpia 

Senada dengan poin pertama tentang gorengan, lumpia juga merupakan salah satu jenis lainnya yang umum dikonsumsi sebagai hidangan pembuka. Cita rasa gurih dan lezat dari isian yang digunakan berpadu dengan renyahnya kulit lumpia tentu menjadi sebuah perpaduan yang menyenangkan. Tak heran bila banyak yang menggemari olahan ini.  


3. Martabak telur  

Salah satu jenis olahan populer ala masyarakat Indonesia ini tak boleh dilewatkan begitu saja. Rasanya siapapun tak akan menolak pesona lezat dari kulit martabak yang renyah dan isiannya yang melimpah ruah. Tentu dengan begitu, tak heran bila banyak yang menggemari olahan ini sebagai menu pembuka. 


4. Batagor 

Siapa yang tidak mengenal jenis makanan yang satu ini? Olahan lezat dengan saus kacang yang digunakan tentu membuat cita rasa dari batagor semakin jelas terasa. Tak heran bila jajanan masa kecil ini sering dikonsumsi sebagai hidangan pembuka sebelum mengonsumsi menu utama. 


5. Surabi 

Jika sebelumnya telah didominasi olahan renyah dengan cita rasa gurihnya, untuk yang satu ini tentu jelas berbeda. Olahan yang juga biasa dikonsumsi sebagai menu pembuka ini adalah surabi.

Meski pada dasarnya cita rasa dari surabi adalah gurih, namun secara umum surabi saat ini banyak dijual dengan menu-menu manis dan menggoda lainnya. 


Nah, beberapa menu pembuka di atas dapat menjadi inspirasi menarik untuk kamu yang tertarik mencicipinya. Mana favoritmu?

Nina/Yayan 

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya