Indonesia vs Oman: Mengenang Aksi Berani Hendri Mulyadi

Sumber : cnnindonesia.com

INFO.HALLOBANUA.COM, Timnas Indonesia akan menghadapi Oman untuk kali pertama sejak insiden suporter bernama Hendri Mulyadi masuk ke lapangan pada laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 6 Januari 2010.

Ketika itu Indonesia menjamu Oman pada lanjutan Kualifikasi Piala Asia 2011. Memasuki laga ini, Timnas yang dilatih Benny Dolo meraih hasil imbang dua kali dan kalah dua kali.

Oman memimpin lewat gol Fawzi Bashir pada menit ke-32 dan kemudian disamakan Boaz Solossa di pengujung babak pertama. Oman kemudian memastikan kemenangan 2-1 lewat gol Ismail Sulaiman pada menit ke-52. Kekalahan memastikan Indonesia gagal lolos ke putaran final Piala Asia 2011 di Qatar.

Saat injury time memasuki menit kedua, wasit Subkhiddin Mohd Salleh dari Malaysia menghentikan pertandingan. Wasit meniup peluit setelah melihat seorang suporter berlari masuk lapangan.

Suporter itu adalah Hendri Mulyadi. Boaz terlihat sempat berusaha menghentikan Hendri. Mengenakan baju merah, celana panjang cokelat dan tanpa alas kaki, Hendri langsung menghampiri bola yang berada dekat dengan Benny Dolo.

Puluhan ribu suporter di SUGBK bergemuruh. Benny Dolo sempat berusaha mengejar Hendri, namun sang suporter berlari terlalu cepat bagi pelatih Timnas kala itu. Sambil menggiring bola ke arah kiper Ali Al Habsi, Hendri berusaha membobol gawang Oman.

Sayang, usaha Hendri tidak berhasil. Al Habsi berhasil menangkap bola tendangan Hendri. Sejumlah petugas polisi pun kemudian berhasil mengamankan Hendri.

Ketika itu Hendri mengaku masuk ke lapangan karena kecewa dengan PSSI karena gagal mengangkat prestasi Timnas Indonesia. Insiden Hendri ketika itu viral, bahkan dia sempat diwawancara sejumlah media asing, seperti ESPN dan BBC.

"Saya melakukan itu karena kecewa atas prestasi timnas Indonesia yang tak pernah menang. Selalu kalah, bahkan selalu seri. Saya minta maaf atas ulah saya ini, kepada seluruh masyarakat sepak bola tanah air. Dikira gila? saya pasrah saja biar masyarakat yang menilai, jujur saya kecewa sama timnas Indonesia yang tidak bisa menang," ujar Hendri ketika itu dikutip dari Detik.

Dukungan terhadap Hendri kemudian muncul di media sosial. Bahkan ada sejumlah netizen yang menganggap Hendri pantas menjadi Ketua Umum PSSI karena kecintaan terhadap sepak bola nasional.

Lebih dari satu dekade berlalu sejak insiden Hendri, Indonesia untuk kali pertama bertemu Oman. Duel Indonesia vs Oman, Sabtu (29/5), merupakan bagian dari uji coba jelang tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Fahmi/Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya