Merasa Sakit Perut di Bagian Kanan Bawah? Kemungkinan Ini Penyebabnya!

Sumber : suara.com

INFO.HALLOBANUA.COM, Perut berisi organ vital yang berkaitan dengan pencernaan, seperti usus dan hati. Bagian kanan bawah perut berisi usus besar dan ovarium kanan pada wanita

Sakit perut di bagian kanan bawah bisa menunjukkan banyak kondisi, beberapa di antaranya parah dan membutuhkan perawatan medis segera sedangkan lainnya tidak.

Berdasarkan Medical News Today, berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

- Tidak serius


1. Gangguan pencernaan

Umumnya, gejala yang dirasakan dari gangguan pencernaan adalah mulas dan perut kembung. Gangguan pencernaan mudah ditangani dengan obat yang dijual bebas, tetapi mungkin memerlukan perhatian medis jika gejala berlangsung lebih dari 2 minggu.


2. Gas dalam usus

Saat makanan tidak dicerna dengan baik, gas bisa menumpuk di usus sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman dan kembung.

Gejala biasanya akan hilang dalam hitungan jam. Tetapi jika menetap selama beberapa minggu bisa menunjukkan kondisi mendasar yang lebih serius, seperti intoleransi laktosa.


3. Kram menstruasi

Wanita bisa mengalami sakit perut sebelum atau selama menstruasi. Nyeri bisa digambarkan sebagai rasa tumpul dan terus-menerus.

Rasa sakit ini bisa disertai dengan nyeri punggung dan tungkai, perasaan mual, dan sakit kepala.


- Penyakit serius


1. Radang usus buntu

Jika rasa sakit hanya terjadi di perut kanan bawah, radang usus buntu adalah salah satu penyebab paling umum. Hal ini menyebabkan nyeri singkat yang berkembang di tengah perut kemudian menyebar ke perut kanan bawah, lalu nyeri menjadi parah.

Gejala lainnya bisa termasuk demam, diare, muntah, mual, sembelit, serta kembung.


2. Batu ginjal

Batu ginjal terbentuk dari mineral serta garam yang menumpuk di ginjal dan membentuk gumpalan keras. Ukurannya sangat bervariasi.

Sementara ukuran yang kecil dapat melewati sistem saluran kemih tanpa disadari, ukuran yang lebih besar dapat tersangkut dan menyebabkan rasa sakit parah di sekitar punggung bawah, samping, perut, dan selangkangan.


3. Infeksi ginjal

Ada kemungkinan salah satu atau kedua ginjal terinfeksi oleh bakteri dalam sistem saluran kemih. Nyeri biasanya terjadi di punggung bawah, samping, dan selangkangan, serta perut bagian bawah.

Rasa sakitnya seringkali tidak separah batu ginjal, tetapi perhatian medis diperlukan untuk mencegah kerusakan permanen.

Fahmi/Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya