Minuman Khas Ramadhan di Kalsel

Sumber : kompasiana.com

INFO.HALLOBANUA.COM, Bulan puasa banyak minuman yang dijual orang seperti es kelapa, es buah, es campur,sup buah, dan sebagainya yang memberi efek menyegarkan sehabis seharian berpuasa. 

Namun minuman tersebut diatas tetap tersedia setiap hari, yang berbeda hanya waktu kapan es tersebut bisa dinikmati, jika selain bulan puasa, maka aneka es tersebut bisa dinikmati kapan saja, sedangkan dibulan puasa hanya dapat dinikmati sore sehabis magrib.

Di daerah banyak minuman yang hanya tersedia pada saat bulan puasa, kalau di Kalimantan Selatan contohnya adalah Tamu lawak Sani. 

Minuman Tamu lawak (temulawak) Sani adalah minuman yang khas dan hanya tersedia ketika bulan puasa. Mungkin dibulan lain ada yang jual minuman ini, tetapi hanya tersedia di pasar tertentu saja. 

Di bulan puasa banyak orang yang jual minuman tamu lawak sani ini, disepanjang jalan mereka berjejer menunggu pembeli. Biasanya penjual minuman tamulawak sani mulai berjualan pada siang sekitar pukul 03.00 siang sampai waktunya untuk berbuka. 

Bahan dari minuman ini adalah sari temulawak yang di campur dengan gula pasir, tidak ada tambahan bahan lain, warnanya kuning tua. Satu bungkus plastik berisi 500 ml dan saat ini dijual dengan harga Rp. 8000 perplastik. Ada juga yang dijual dengan botol plastik. 

Rasa tamulawak sani sangat manis rasa gula yang kuat dan aroma temulawak juga kuat. Bagi yang tidak terlalu suka manis bisa menambahkan dengan es batu atau air, diminum dingin lebih enak. Minuman ini sangat menyegarkan dan cocok untuk berbuka puasa. 

Temulawak memiliki khasiat salah satunya adalah menambah nafsu makan. Jadi setelah minum ini  bisa jadi nafsu makan jadi bertambah. 

Fahmi/Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya