Resep Churros Renyah dan Cara Goreng Agar Matang Sempurna

Sumber: kompas.com

INFO.HALLOBANUA.COM, - Kue yang nikmat tak melulu harus dipanggang. Kamu bisa membuat churros, kue goreng khas Spanyol.

Churros terkenal dibuat dengan bahan yang sedikit dan murah. Namun demikian teknik membuat churros ini bisa dibilang tidak sederhana.

Ada kunci untuk membuat adonan churros tak mudah pecah, kemudian cara menggoreng agar churros matang merata.

Resep dasar churros ini bisa kamu kreasikan dengan bahan tambahan seperti Oreo atau Milo agar rasanya lebih bervariasi. 


Bahan:

50 ml air

100 gram mentega tawar atau margarin

150 gram tepung terigu protein sedang

1/4 sendok teh garam

3 butir telur

minyak untuk menggoreng


Cara membuat churros:

1. Rebus air bersama dengan butter dan garam. Masukkan bahan tersebut, tunggu hingga air mendidih dan mentega meleleh.

2. Masukkan tepung, aduk hingga adonan menggumpal dan kalis. Aduk terus adonan hingga sudah tidak menempel pada panci.

"Saat tepung masuk itu apinya kecilin, terus adonannya dimasak sebentar. Agar bau mentah tepungnya hilang," jelas Chef Ojji.

3. Kamu juga bisa menambah susu bubuk, serpihan oreo yang sudah dihaluskan ke dalam adonan churros. Hal ini bisa menambah rasa, kamu bisa menambahkan bahan lain sesuai seleramu.

4. Pindahkan adonan tepung ke dalam baskom, diamkan hingga dingin. Setelah itu masukkan telurnya. Sebab jika adonan yang panas langsung dimasukkan telur, maka telur akan cepat matang dan membuat adonan menjadi rusak.

5. Adonan bisa didiamkan di suhu ruang, jika sudah dingin bisa masukkan telur satu persatu secara bertahap sembari diaduk sampai rata.

"Telurnya bisa dimasukkan satu per satu agar saat diaduk gampang dan adonannya tidak kaget, lalu jika telur dimasukkan semua maka adoanan dan telur akan sulit menyatu" ujar Chef Ojji.

Untuk mengaduk adonan churros dengan telur bisa menggunakan mixer, tapi gunakan tingkat kecepatan yang paling rendah. Chef Ojji menyarankan untuk menggunakan standing mixer.

6. Masukkan adonan ke dalam piping bag dengan ukuran spuit sesuai selera.

7. Selanjutnya panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Jika minyak sudah panas bisa masukan adonannya. Saat menggoreng churros pun jangan gunakan api besar dan minyak jangan terlalu panas.

Sebab churros yang digoreng dengan api besar dan minyak terlalu panas, maka bagian permukaannya akan cepat matang dan cepat gosong sedangkan bagian dalamnya masih mentah.

8. Masukkan adonan ke dalam wajan dengan ukuran panjang sesuai selera, lalu goreng hingga kuning kecoklatan. Churros bisa disajikan dengan berbagai macam cocolan seperti saus cokelat, karamel, atau gula bubuk. Kamu bisa menyantap hidangan ini sebagai camilan

Aisyah/Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya