Resep Terang Bulan Teflon yang Empuk, Aromanya Harum Semerbak

sumber : idntimes.com

INFO.HALLOBANUA.COM, - Aroma sedap terang bulan selalu berhasil membuat banyak orang tergiur. Apalagi kalau belinya di abang-abang pinggir jalan, tingkat kenikmatannya naik dua kali lipat, benar gak?

Sebenarnya kamu gak perlu beli di luar, karena terang bulan cukup mudah dibuat. Cuma butuh teflon dan beberapa bahan saja, kok. Simak resep terang bulan selengkapnya berikut ini ya!


1. Bahan-bahan yang dibutuhkan


Bahan utama:

250 gram tepung terigu

50 gram gula halus

25 gram margarin, lelehkan

15 gram susu bubuk

30 gram gula pasir

3 butir telur

1/2 sdt fermipan

1/4 sdt baking powder

1 sdt vanila ekstrak

sejumput garam

300 ml air


Bahan topping:

susu kental manis secukupnya

meses secukupnya

keju cheddar secukupnya

margarin secukupnya


2. Campur tepung dengan susu bubuk dan gula

Siapkan wadah cukup besar, lalu masukkan tepung terigu, susu bubuk, baking powder, gula halus, vanili bubuk, dan garam. Aduk semua bahan tersebut dengan spatula sampai tercampur rata.

Setelah itu, tuangkan air secara bertahap ke dalam adonan sambil tetap diaduk. Jika sudah merata, tambahkan ragi dan aduk kembal hingga tercampur. Tutup adonan dengan kain dan diamkan selama 30 menit.

3. Masak terang bulan di atas teflon

Setelah adonan cukup mengembang, masukkan kocokan telur dan gula pasir ke dalamnya. Aduk sampai merata dan gak menggumpal. Tambahkan pula soda kue dan margarin cair, aduk kembali hingga merata.

Selanjutnya, panaskan teflon di atas kompor dengan api kecil saja. Tuang setengah bagian adonan dan ratakan.

Tunggu sampai adonan mulai berlubang, lalu taburi dengan gula pasir. Tutup dan masak sampai pinggirannya kering.


4. Sajikan terang bulan dengan isian sesuai selera

Jika terang bulan sudah matang, segera angkat dan biarkan sampai sedikit dingin. Sembari menunggu, parut keju cheddar secukupnya saja.

Selanjutnya, olesi terang bulan dengan mentega, lalu siram dengan susu kental manis. Beri taburan meses dan keju parut sesuai selera. Lipat terang bulan jadi dua, lalu potong dan sajikan untuk camilan kumpul keluarga.

Itulah cara praktis membuat terang bulan dengan teflon di rumah. Rasanya pun gak kalah dengan yang dijual di luar, tetap lembut dan enak. Selamat mencoba!

Nina/Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya