Tak Hanya Indah Dipandang, Ini Dia Manfaat Tanaman Lidah Mertua Bagi Kesehatan Lingkungan

Sumber : retizen.republika.co.id

INFO.HALLOBANUA.COM, Tak hanya indah dipandang, tanaman hias lidah mertua ternyata mempunyai banyak manfaat, karena itulah tanaman ini merupakan tanaman hias yang cukup populer di kalangan pecinta tanaman hias sebagai hiasan di dalam ataupun di luar rumah. Selain berfungsi sebagai tanaman hias karena bentuknya yang cantik dan unik, lidah mertua memiliki manfaat yang luar biasa karena mampu mengisap berbagai macam polusi udara.

Tanaman lidah mertua sangat menarik dan cocok ditanam baik di lahan bebas maupun di pot. Perawatannya yang mudah tanpa harus menggunakan metode dan waktu khusus. Lidah mertua merupakan tanaman yang memiliki karakter bentuk yang kuat karena proses alam sehingga tidak memerlukan perlakuan dan penanganan khusus. Seluruh bagian tanaman ini mampu menyimpan air dalam jumlah yang cukup banyak sehingga dapat bertahan di lingkungan yang ekstrem selama beberapa bulan.

Dengan semakin pesat pembangunan di daerah perkotaan, baik itu di bidang transportasi maupun industri, maka timbul permasalahan pencemaran udara yang dapat memengaruhi lingkungan, seperti meningkatnya suhu udara dan mengakibatkan pemanasan global. Melihat hal ini, maka diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasinya, salah satunya dengan memanfaatkan tanaman lidah mertua yang dapat menyerap karbon monoksida, karbon dioksida, asap rokok, dan gas polutan (gas udara yang berbahaya).

Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1999, menunjukkan bahwa tanaman lidah mertua dapat menyerap lebih dari 107 unsur polutan berbahaya yang ada di udara. Penelitian lain juga dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah dalam Jurnal PENA yang membandingkan dua jenis lidah mertua dengan dosis yang berbeda. Berdasarkan penelitian tersebut, lidah mertua dengan dosis yang lebih tinggi mampu menyerap asap dan bau tak sedap secara maksimal. Dari hasil pengamatan tersebut, maka tanaman lidah mertua dapat digunakan untuk menyerap asap dan bau tak sedap.

Dengan demikian, tanaman lidah mertua mempunyai peranan yang cukup penting untuk kesehatan lingkungan. Karena itu, diperlukan kesadaran manusia untuk senantiasa berusaha menjaga kesehatan lingkungan, misalnya dengan budidaya tanaman lidah mertua yang bermanfaat untuk kesehatan.

Fahmi/Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya