Tak Semua Ponsel 5G di Indonesia Bisa Tersambung ke Jaringan 5G Telkomsel, Ini Sebabnya

Sumber : kompas.com

INFO.HALLOBANUA.COM, -.Pengguna internet di Indonesia akhirnya segera bisa menikmati jaringan seluler 5G secara terbatas. Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang resmi menggulirkan layanan internet generasi kelima.

Sebelumnya, para vendor smartphone besar di Indonesia juga telah merilis perangkat 5G masing-masing ke Tanah Air. Sebut saja, Oppo, Samsung, Xiaomi, Realme, dan Vivo.

Namun, tidak semua smartphone 5G yang beredar di pasaran itu bisa menggunakan jaringan 5G di Indonesia. Sebab, pita (band) yang digunakan masing-masing perangkat belum tentu kompatibel dengan pita yang digunakan operator seluler Indonesia untuk menggelar 5G.

Untuk sementara ini, layanan 5G Telkomsel menggunakan band n40 di frekuensi 2,3 GHz. Oleh karena itu, kriteria yang harus dipenuhi sebuah perangkat agar bisa menggunakan jaringan 5G telkomsel adalah mendukung band n40.

"Pita frekuensi radio yang akan digunakan Telkomsel untuk teknologi 5G ini menggunakan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk data plane dan pita frekuensi radio 1800 MHz untuk control plane," jelas Johnny 


Frekuensi-frekuensi untuk 5G

Teknologi 5G memiliki tiga lapis pita frekuensi. Layer atas (high band) berada di frekuensi 24GHz-40GHz, lalu layer tengah (mid band) di frekuensi 1GHz-2,6GHz, dan 3,5GHz-6GHz), serta layer bawah (low band) di bawah 1GHz).

Di banyak negara, band n40 adalah frekuensi yang umum diuji dan digunakan untuk menggelar 5G. Sebab, band n40  juga digunakan untuk teknologi sebelumnya, yakni jaringan 3G dan 4G.

Telkomsel sendiri memenangkan lelang pita frekuensi 2,3 GHz beberapa waktu lalu untuk menambah spektrum yang sudah ada. Telkomsel mendapatkan dua blok frekuensi dengan total 20 MHz.

Secara keseluruhan, Telkomsel memiliki alokasi sebesar 50 MHz di frekuensi 2,3 GHz. Untuk menggelar 5G, biasanya operator akan melakukan refarming alias penataan ulang pita frekuensi yang sudah dimiliki.

Refarming ini juga menjadi kebijakan yang direstui Kominfo bagi para operator seluler untuk menggelar 5G di Indonesia.


Lokasi jaringan 5G Telkomsel

Untuk tahap awal, Telkomsel baru akan menggulirkan jaringan 5G di beberapa area secara terbatas. Lokasi itu mencakup area residensial di Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra di Jakarta, serta Bumi Serpong Damai dan Alam Sutera di Banten.

Lalu untuk kota lainnya akan menyusul, yakni Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan. Kota dan lokasi prioritas lainnya akan segera menyusul dalam waktu yang belum ditentukan.

Jika perangkat mendukung band n40 dan lokasi terjangkau oleh layanan 5G Telkomsel, pengguna tidak perlu ganti kartu fisik untuk bisa menikmati jaringan internet mutakhir itu.

"Untuk saat ini (migrasi ke) jaringan 5G tidak perlu mengganti (kartu), asal sudah 4G," ujar Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam konferensi pers di Kantor Kominfo

Daffa/Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya