Ternyata Ini Rahasia Bikin Kopi Nikmat Ala Kafe, Cobain Sekarang!

Sumber : liputan6.com

INFO.HALLOBANUA.COM, - Setiap pagi atau di sela-sela menjalankan rutinitas harian di rumah, ngopi alias minum kopi menjadi hal yang wajib dilakukan. Itu karena ngopi mengandung kafein yang dapat membuat kita jadi lebih segar dan berenergi. 

Nah sekarang pertanyaannya, bagaimana sih cara kamu membuat kopi ala kafe di rumah? Apakah hanya mencampurkan kopi dengan air mendidih saja?  Jadi sebenarnya, ada cara tepat untuk membuat kopi yang tepat di rumah. Hal yang harus disadari bersama adalah, dalam satu cangkir kopi hitam (single origin) terdiri dari 95% air dan 5% kopi. 

Itu artinya, air yang digunakan untuk menyeduh kopi juga berperan penting dalam membentuk karakter rasanya. Yup, air yang digunakan adalah rahasia menyeduh kopi nikmat ala kafe di rumah. 

Begini penjelasannya. Saat menyeduh kopi, senyawa yang berada di dalam air akan mengikat komponen-komponen dalam kopi sehingga menciptakan cita rasa minuman yang lebih kaya dan beraroma. 

Maka dari itu, penting untuk menggunakan air dengan kandungan mineral yang dapat mengikat dan mengekstraksi kopi dengan lebih baik. Dalam proses menyeduh kopi, ada yang namanya ekstraksi, di mana kandungan kalsium dan magnesium dalam air mineral memainkan peranan kopi untuk menghasilkan cita rasa yang pas. 

Muhammad Aga, award winning Barista dan pemilik toko kopi SMITH menjelaskan bahwa kandungan mineral dalam air saat menyeduh kopi hitam, dapat meningkatkan rasa minuman secara signifikan. 

"Kopi yang diseduh dengan air yang mengandung magnesium dan kalsium akan memiliki karakter rasa yang lebih kompleks dan juga seimbang antara asam, manis dan pahit. Keseimbangan kandungan mineral dalam air juga berperan penting untuk membuat kopi memiliki tekstur kekentalan yang lebih lembut juga aroma yang nikmat saat dihirup," jelas Aga. 

Lalu bagaimana dengan air keran yang dimasak hingga mendidih? Untuk menghasilkan cita rasa kopi yang diinginkan, air keran atau air isi ulang yang dimasak hingga mendidih, nggak direkomendasikan karena tingkat pH dan kandungan mineral yang nggak pasti.

Rekomendasi dari Specialty Coffee Association of America (SCAA), untuk menyeduh kopi paling ideal adalah menggunakan air mineral dengan pH yang berada di rentang antara 6,5 sampai 7,5. 

Nah dengan pH tersebut, kamu bisa menggunakan air mineral yang berasal dari sumber mata air terpilih, dengan tiga perlindungan, yaitu melindungi ekosistem sumber airnya, menjaga kealamian mineralnya, serta diproses secara saksama untuk menjaga keasliannya sampai ke tangan konsumennya. 

Dengan memilih air mineral yang terbukti terlindungi untuk melindungimu, kamu bisa meracik kopi enak dan nikmat di rumah ala kafe kapanpun kamu mau!

Nina/Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya