3 Manfaat Rutin Memakai Skin Care Untuk Kesehatan Mental

Sumber: popmama.com

INFO.HALLOBANUA.COM, - Ada berbagai macam alasan bagi banyak orang untuk malas menggunakan skin care secara rutin, mulai dari tidak praktis karena banyaknya langkah yang harus dilewati hingga minimnya pengetahuan tentang jenis kulit yang dimiliki.

Padahal, skin care merupakan investasi agar nantinya kamu tidak mengalami masalah kulit yang serius seiring bertambahnya usia. Kamu pasti tidak ingin kan, mengalami kerutan dini atau wajah kusam di hari tua?

Nah, selain untuk mencegah masalah kulit, ternyata rutin menggunakan skin care juga diketahui bisa menjaga kesehatan mental, lho! Bagaimana bisa? Dilansir dari laman Everyday Health, berikut Popmama.com telah merangkum 5 ulasan lengkapnya.


1. Menggunakan skincare dapat menjaga stabilitas mental

Menurut Matt Traube, Psikoterapis Klinis Berlisensi dan Psikodermatolog di Santa Barbara, California, rutinitas untuk makan yang sehat, olahraga, membuat jurnal, dan perawatan kulit termasuk menggunakan skin care sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, baik dalam tubuh maupun pikiran.

Rutinitas menggunakan skin care memang terasa menyenangkan dan bertindak sebagai kekuatan yang menghibur dalam hidup dan berfungsi sebagai titik stabilitas setiap minggunya.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juni 2018 di Lancet Psychiatry, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang memiliki rutinitas yang kurang konsisten sepanjang hari akan lebih mudah menderita gangguan depresi dan bipolar mayor, masalah suasana hati, kesepian, dan kurang kebahagiaan. 


2. Menggunakan skin care memungkinkanmu untuk fokus merawat diri sendiri

Kamu mungkin pernah mengalami kondisi tertentu yang membuat pikiranmu terganggu. Untuk mengatasinya, perawatan diri termasuk menggunakan skincare diketahui dapat menghancurkan pikiran negatif tersebut. 

“Pasien yang mengalami kecemasan dan depresi sering kali melaporkan bahwa kondisinya memburuk 30 menit hingga satu jam sebelum tidur. Ini adalah saat mereka memiliki lebih banyak waktu luang, yang meningkatkan kekhawatiran bagi banyak orang,” jelas Traube. 

Saat kamu terlibat dalam suatu aktivitas, termasuk menggunakan skincare secara rutin, maka kamu dapat keluar dari pikiran buruk dan fokus pada apa yang kamu lakukan.

Praktik ini telah terbukti dapat menahan depresi dan kecemasan dengan menghentikan kekhawatiran dan perenungan, menurut sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.100 orang dewasa yang diterbitkan pada Maret 2019 di Frontiers in Psychology.

"Dengan terlibat dalam aktivitas ini selama beberapa menit, kamu dapat membantu otak untuk melepaskan diri dari pola pikir spiral yang kurang sehat," tambah Traube.


3. Menggunakan skincare dapat meningkatkan mood

Selain menutrisi dan membuat kulit wajah menjadi lebih muda, menggunakan skin care khususnya masker wajah juga ternyata bisa mengaktifkan hormon bahagia di otak.

"Peristiwa yang membahagiakan akan melepaskan neurotransmiter perasaan senang di otak," ungkap Traube. 

Mengharapkan peristiwa positif juga telah terbukti dapat mengaktifkan area tertentu di korteks prefrontal, yakni wilayah otak yang terkait dengan perasaan sejahtera, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Januari 2018 di Frontiers in Psychology. 

Aisyah/Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya