4 Makanan Yang Mengandung Potein Tinggi Ini Perlu Anda Konsumsi

Sumber: kontan.co.id

INFO.HALLOBANUA.COM, - Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk otot, hormon, kulit, dan organ. Salah satu cara mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein.

Mengonsumsi makanan kaya protein secara rutin dapat meningkatkan massa otot dan menambah kekuatan tubuh. Tak hanya itu, nutrisi tersebut juga mampu menurunkan berat badan tubuh dan lemak yang mengumpul di sekitar perut.

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa sebaiknya wanita mengonsumsi 46 g protein per hari. Sedangkan laki-laki sebaiknya mengonsumsi 56 g protein per hari. Berikut ini ada beberapa contoh makanan yang mengandung protein  tinggi.


1. Telur

Sebutir telur mengandung sekitar 6 g protein dan 78 kalori. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapat nutrisi yang lain, seperti vitamin, lemak sehat, mineral, dan antioksidan. Meski demikian, sumber protein ini tak cocok dikonsumsi oleh mereka yang memiliki alergi telur.


2. Dada Ayam

Dada ayam merupakan salah satu sumber protein yang digemari oleh banyak orang. Mengutip dari Healthline, kebanyakan kalori berasal dari protein yang ada di dalamnya. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi kulitnya, ya.

Anda bisa mendapat 53 g protein dan hanya 284 kalori dari dada ayam tanpa kulit. Sumber makanan ini juga mudah diolah menjadi berbagai macam hidangan. Mulai dari membuatnya menjadi salad, memanggangnya, merebusnya, dan lain-lain.


3. Susu

Jika Anda mencari makanan yang mengandung protein, susu adalah salah satu pilihannya. Selain memiliki banyak protein, susu juga memiliki nutrisi lain. Mulai dari kalsium, fosfor, dan vitamin B2. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi susu rendah lemak.

Sama seperti telur, susu bisa membuat beberapa orang mengalami alergi. Maka dari itu, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter. Anda bisa mengganti susu sapi dengan susu kedelai sebagai alternatif.


4. Brokoli 

Melansir Healthline, Anda bisa mendapat 3 g protein dan 31 kalori dari 96 g brokoli. Tak hanya itu, jenis sayuran ini juga mengandung vitamin C, serat, vitamin K, dan potasium. Nutrisi bioaktif dalam brokoli juga efektif mencegah pertumbuhan sel kanker.

Aisyah/Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya