4 Manfaat kacang hijau dan efek sampingnya bagi kesehatan

 

Sumber: kontan.co.id

INFO.HALLOBANUA.COM, - Kacang hijau adalah sumber vitamin A, C, K, asam folat, dan serat. 

Takhanya itu, kacang hijau juga mengandung thiamin, riboflavin, zat besi, magnesium, dan kalium.

Selain itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa memakan kacang-kacangan juga dapat menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kematian secara keseluruhan.

Secara umum, mengonsumsi buah dan sayuran juga menjaga kesehatan kulit, meningkatkan energi, dan menurunkan berat badan.  Lantas, apa saja kandungan nutrisi dan manfaat mengonsumsi kacang hijau? 


1. Membantu mencegah kanker

Kacang hijau mengandung banyak klorofil. Zat ini dapat menghalangi efek karsinogenik dari heterosiklik amina yang dihasilkan saat memanggang daging pada suhu tinggi. 

Seseorang yang suka mengonsumsi makanan yang dibakar atau dipanggang harus menyeimbangkannya dengan makan sayuran hijau untuk mengurangi risiko terkena kanker.


2. Manfaat kacang hijau untuk kesuburan dan kehamilan

Bagi wanita usia subur, mengonsumsi lebih banyak zat besi dari sumber nabati seperti bayam, kacang-kacangan, labu, dan kacang hijau dapat membantu meningkatkan kesuburan, menurut Harvard Medical School.

Selain itu, mengonsumsi makanan kaya zat besi dengan makanan kaya vitamin C seperti tomat, paprika, atau buah beri juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Asupan asam folat yang cukup juga dibutuhkan selama kehamilan, untuk melindungi janin dari cacat tabung saraf. Satu cangkir kacang hijau menyediakan sekitar 10 persen kebutuhan asam folat harian dan 6 persen zat besi.


3. Depresi

Memenuhi kebutuhan folat harian juga dapat membantu mengatasi depresi. Konsumsi folat yang cukup dapat mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh.

Terlalu banyak homosistein dapat menghentikan darah dan nutrisi lain mencapai otak, dan dapat mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin perasaan baik, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.


4. Kesehatan tulang

Konsumsi vitamin K yang cukup meningkatkan kesehatan tulang dengan memodifikasi protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi ekskresi kalsium melalui urin.

Satu cangkir kacang hijau menyediakan 14,4 mikrogram vitamin K, atau hampir 20 persen dari kebutuhan harian, serta 4 persen dari kebutuhan kalsium harian seseorang.

Efek samping mengonsumsi kacang hijau

Orang yang mengonsumsi pengencer darah, seperti coumadin, atau warfarin, sebaiknya tidak secara langsung mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K karena dapat menyebabkan pembekuan darah.

Selain itu, kacang hijau juga mengandung lektin yakni sejenis protein yang mengikat karbohidrat dan dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. 


Kacang hijau juga mengandung asam fitat yang dapat mengikat mineral dan mencegahnya diserap tubuh. Orang yang mengalami kekurangan mineral sebaiknya memeriksakan diri ke dokter sebelum mengonsumsi kacang hijau dalam jumlah besar. 


Aisyah/Yayan



Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya