5 Makanan Khas Kalimantan Selatan, Wajib Dicoba

INFO.HALLOBANUA.COM, - Berkunjung ke Kalimantan Selatan jangan hanya menikmati pesona alamnya saja, tetapi juga ragam kuliner yang menggoda selera. Provinsi dengan ibukota Banjarmasin ini terdiri dari dua belas kabupaten dan satu kota yang di setiap daerah mempunyai kuliner khas yang kemudian menyatu ke wilayah provinsi sehingga menjadi salah satu makanan khas Kalimantan Selatan.

Untuk melepas lelah, setelah seharian berjalan-jalan mengeliliki kota Kalimantan Selatan. Berikutnya Anda harus mencicipi bebagai makanan khas Kalimantan Selatan tersebut. Daerah yang satu ini memiliki berbagai jenis makanan yang harus Anda coba, antara lain :


1. Soto Banjar

Diantara sekian banyak makanan yang ada di kawasan Kalimantan Selatan ini, makanan yang paling terkenal se antero Indonesia adalah Soto Banjar. Bahkan tidak jarang, berbagai restoran yang ada di Indonesia, terutama restoran dengan menu tradisional menyuguhkan menu yang satu ini.

Walaupun di Indonesia ini banyak sekali menu soto, namun yang membedakan antara soto Banjar dengan soto lainnya adalah kuahnya yang cenderung bening. Selain itu, makanan yang satu ini paling pas jika disantap menggunkan ketupat dan juga sate, bukan nasi hangat.

Sebenarnya resep soto Banjar sendiri ada 2 macam, ada yang kuahnya encer dan bening, namun ada juga yang kuahnya kental dan warnanya agak keruh.


2. Manday

Makanan khas Kalimantan Selatan berikutnya adalah Manday. Kuliner yang satu ini terbuat dari kulit cempedak, atau masyarakat setempat menyebutnya dengan Tiwadak. Cara membuat penganan ini adalah kulit cempedak akan diawetkan dengan jangka waktu tertentu.

Teknik pengawetannya cukup sederhana, dimana kulit cempedak tersebut, akan dicampur dengan garam, kemudian dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Lama pengawetannya sendiri tergantung selera, biasanya semakin asam semakin nikmat.

Kuliner yang satu ini biasanya dimasak dengan cara digoreng, namun ada juga yang memasak dengan cara di bakar atau bahkan digulai. Untuk memasak gulai cempedak ini, biasanya ditambahkan beberapa rempah tertentu, untuk menyempurnakan rasa asam dari kulit cempedak tersebut.


3. Iwak Pakasam/ Iwak Basamu

Iwak Pakasam atau disebut juga dengan Iwak Basamu adalah ikan yang diawetkan. Teknik mengawetkan ikan ini, menggunakan bahan kunyit, garam, dan juga beras yang telah disangrai sebelumnya, kemudian ditumbuk kasar.

Adapun jenis ikan yang biasanya diawetkan antara lain ikan sepat, gabus, saluang, dan juga ikan Papuyu. Ikan-ikan tersebut akan diawetkan selama beberapa waktu, tergantung selera.Ikan yang diawetkan tersebut, biasanya dimasak dengan cara digoreng.

Untuk hal ini, Anda tidak perlu menambahkan berbagai macam bumbu karena ikan tersebut sudah diberikan berbagai macam bumbu. Sesansi gurih dan kriuk ketika mengkonsumsi ikan yang diawetkan ini akan Anda peroleh.


4. Gangan Humbut

Penganan yang satu ini juga tidak terlalu sering muncul, hanya muncul pada saat bulan Ramadhan, atau berbagai acara resmi, seperti pernikahan atau acara hajatan lainnya. Gangan humbut sendiri adalah kuliner yang terbuat dari potongan iga sapi yang diolah sedemikian rupa dengan rebung, dan bumbu khas Kalimantan Selatan lainnya.

Untuk rasa, masakan ini mempunyai cita rasa manis, dan juga gurih. Rasa manis ini yang akan mendominasi kuliner ini. Ini yang membuat kuliner ini berbeda dengan aneka jenis sayur lainnya, dan kuliner ini paling pas jika dikonsumsi bersama nasi hangat.


5. Amparantatak

Anda tentu tidak asing dengan kuliner yang satu ini. Rasanya manis, dan terbuat dari kombinasi tepung beras dan juga santan, sedangkan untuk isian biasanya menggunakan irisan pisang atau juga nangka, yang ditambah dengan daun pandan.

Aisyah/Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya