Nostalgia Makan Gulai Gajebo Empuk dan Ikan Tauco di RM Sepakat, Lamaknyo!

Sumber : m.kumparan.com

INFO.HALLOBANUA.COM, Makan siang apa hari ini? Kalau belum punya rencana, mampir ke Rumah Makan (RM) Sepakat di kawasan Blok M Square, Jakarta Selatan bisa jadi pilihan menarik. Terlebih, tempat makan ini terkenal dengan menu gulai gajebo nan empuk.

Bagi sebagian dari kamu, mungkin sudah tak asing lagi dengan RM Sepakat. Ya, rumah makan khas Padang ini sejatinya sudah berdiri sejak 1967. Salah satu yang legendaris di Jakarta.

Awalnya, mereka menempati warung sederhana di Jalan Panglima Polim. "Baru pindah ke Blok M itu sekitar tahun 1969, di sini baru berbentuk rumah makan," kata salah satu pegawai, bernama Iyan kepada kumparan, (7/6).

Usaha ini merupakan rumah makan yang didirikan langsung oleh orang Minang. Mereka merupakan keluarga Padang asli. Cara memasaknya pun masih tradisional, dengan menggunakan bumbu ala masakan Padang yang kaya rempah.

Meski kami mampir dalam suasana masih di tengah pandemi, nyatanya, tempat ini tetap saja ramai pengunjung. Terlebih menjelang jam makan siang. Kalau mau makan siang di sini, datanglah lebih awal.

Suasana rumah makan ini sangat sederhana. Namun, lemari kaca besar yang menampilkan deretan lauk-pauk khas Padang menjadi spot utama. Kamu bisa langsung dibuat tergiur.

Terlebih, ada gulai gajebo dengan kuah kemerahan yang jarang bisa kamu temukan di rumah makan khas Padang lainnya. Ini memang spesialnya dari RM Sepakat.

Kami pun memesan nasi beserta lauk gulai gajebo, ikan tongkol tauco, dan rendang. Menggunakan piring putih, nasi dan lauk-pauknya disajikan terpisah. Di piring nasi akan dilengkapi dengan gulai cubadak (nangka) dan sambal hijau atau merah; kamu boleh memilih sambal sesuai selera.

Sementara lauknya disajikan terpisah. Gulai gajebo (Rp 25 ribu) menjadi yang pertama saya cicipi. Kuah gulai kemerahan tampak sedikit encer. Tak menggunakan terlalu banyak campuran santan. Meski mereka menyebut gulai, namun makanan ini lebih tepatnya menggunakan gaya masak asam padeh. Jadi, tak seperti gulai di rumah makan khas Padang pada umumnya yang kental.

Hmm... kenyal nan empuk langsung terasa begitu menggigit gajebo yang terbuat dari bagian sandung lamur ini. Kuah asam padehnya juga segar. Gurih, asin, serta sedikit pedas dan asam. Menariknya, potongan gajebo ini tak menyisakan rasa berlemak sama sekali di rongga mulut. Kuahnya pun ringan, sehingga tak bikin enek.

Lanjut, saatnya mencoba ikan tauco (Rp 17 ribu). Menu ini juga unik, dan jarang bisa kamu temukan di tempat makan lain. Ini menu favorit saya sejak dahulu kala. Rasanya seperti bernostalgia.

Potongan daging ikan tongkol nan lembut, menjadi terasa begitu gurih lantaran kuah tauco yang meresap hingga ke serat daging ikan terdalam. Kuah tauco kekuningan terasa begitu khas. Rasa tauconya juga tak berlebihan. Tipis-tipis saja.

Paling nikmat makan suwiran daging ikan ini sambil dicocol kuah tauco, dan sertakan pula irisan cabai hijau yang sudah lembut. Slruuup! Suaplah ke dalam mulut beserta nasi putih yang pulen. Kamu akan merasakan sensasi asin, gurih, dan sedikit pedas dalam satu suapan. Lamaknyo!

Terakhir, belum lengkap memang kalau makan ke rumah makan Padang tapi tak menyantap rendang (Rp 22 ribu). Lauk yang dijuluki 'makanan terenak di dunia' ini dimasak dengan bumbu yang harum dan gurih kelapa sangrai. Sedikit terasa manis. Namun dominan asin dan gurih. Pedasnya pun ringan.

Untuk tekstur daging rendangnya begitu empuk. Suwir pakai tangan saja, bisa. Rasa rempah-rempah dalam bumbu rendang meresap sempurna hingga ke dalam daging.

Makan siang yang terasa begitu istimewa. Ini baru namanya menikmati rasa yang dulu pernah ada. Nikmatnya... Kalau kamu belum pernah atau sekadar pengin mencicipi sensasi makan masakan Padang yang autentik, mampirlah ke Sepakat.

Fahmi/Yayan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya