5 Wisata Kuliner Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba, Dijamin Bakal Nagih dan Puas

INFO.HALLOBANUA.COM, - Wisata kuliner khas Jawa Timur memang beragam dan berbeda-beda setiap daerahnya. Masakan khas orang Jawa Timur biasanya bercitra rasa pedas, gurih, Asin, dan kaya akan rempah-rempah. Itulah mengapa banyak orang yang rela datang ke Jawa Timur hanya ingin menyantap kuliner khasnya.

Jawa Timur mempunyai banyak sekali makanan khas yang menjadi ikon Nusantara. Ada beberapa yang mungkin belum pernah kamu temui. Kekayaan bumbunya, membuat makanan khas Jawa Timur selalu dirindukan oleh semua orang.

Ketika berkunjung ke Jawa Timur, kamu wajib mencoba makanan khas setiap daerahnya. Seperti Soto Lamongan yang berasal dari Lamongan, Rujak Cingur yang berasal dari Surabaya, dan masih banyak yang lainnya.

Penasaran apa saja wisata kuliner khas Jawa Timur? Berikut ini daftar wisata kuliner khas Jawa Timur yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (24/6/2021).

Daftar Wisata Kuliner Khas Jawa Timur Beserta Daerah Asalnya

1. Soto Lamongan

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang pertama adalah soto lamongan. Soto Lamongan menjadi salah satu makanan khas Jawa Timur yang saat sangat mudah ditemukan di berbagai daerah lainnya. Namun, terdapat perbedaan antara soto Lamongan dengan soto lainnya, yakni koya.

Koya merupakan sejenis bubuk gurih dengan bahan dasar pembuatannya berasal dari kerupuk udang dan bawang putih. Tambahan koya membuat cita rasa soto Lamongan menjadi semakin gurih dan membuat siapa yang menikmatinya akan semakin ketagihan.

2. Rujak Soto

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah rujak soto. Seperti namanya, kuliner khas Banyuwangi ini adalah perpaduan antara rujak dan soto kuning.

Rujak petis dengan rasa terasi yang khas dan kuah soto kuning gurih akan menghasilkan kombinasi rasa yang cukup unik dan enak. Selain rujak soto, kamu bisa menemukan rujak bakso di kawasan Madura. Bedanya, rujak di sana menggunakan petis Madura yang rasanya cenderung asin.

3. Tahu Campur

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah tahu campur. Makanan ini berasal dari Surabaya. Tahu campur terdiri dari selada, taoge, lontong, mie kuning, tahu goreng, dan potongan lentho singkong. Kemudian bahan-bahan tersebut disiram kuah kaldu tetelan sapi yang gurih dan kaya akan rempah-rempah.

4. Rawon

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah rawon. Rawon menjadi salah satu hidangan tertua dalam sejarah Jawa kuno, yang sudah ada sejak 901 Masehi, era Kerajaan Mataram. Kuah berwarna hitam pekat adalah ciri khasnya, karena diolah menggunakan kluwek.

Bahan utama rawon adalah daging sapi yang direbus dalam kuah kluwek dengan waktu lama hingga teksturnya empuk, disajikan bersama taoge, telur asin, serta kerupuk udang. Meskipun rawon terkenal sebagai makanan khas Surabaya, tapi beberapa daerah di Jawa Timur juga punya rawon khas. Misalnya seperti rawon Pasuruan dengan sate komoh sebagai pelengkapnya.

5. Rujak Cingur

Wisata kuliner khas Jawa Timur yang lainnya adalah rujak cingur. Rujak khas Kota Surabaya ini terdiri dari berbagai jenis sayuran dan buah, seperti krai, taoge, kangkung, kacang panjang, nanas, kedondong, dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut dipadukan dengan tempe, tahu, lontong, hingga cingur alias hidung sapi yang jadi ciri khasnya.

Biasanya para penjual rujak cingur mengolah bumbu kacang dan petis untuk rujak dalam cobek batu berukuran besar. Kemudian, seluruh bahan tadi diletakkan di tengah dan diaduk hingga rata.

Azkia/May

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya