7 Legenda Urban dari Seluruh Dunia Ini Bikin Bergidik

Sumber: legendaurban.akurat.co

info.hallobanua.com - Legenda urban adalah cerita Mistis yang sering dibicarakan Dari mulut ke mulut yang lain, Dan ada di beberapa negara.

Setiap negara punya legenda urbannya masing-masing. Legenda urban sendiri adalah mitos atau legenda kontemporer yang kerap dipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran. Kebanyakan berkaitan dengan misteri, horor, atau cerita rakyat yang menyeramkan.

1. La Llorona (Meksiko)

Konon, di Meksiko ada seorang ibu bernama Maria yang melempar ketiga anaknya ke dalam sungai begitu mendengar suaminya berselingkuh. Tak lama kemudian, Maria menyesali tindakannya itu dan meratap di tepi sungai.

Menurut legenda setempat, jika Anda berdiam di sekitar sungai saat malam, rintihan kesedihannya akan terdengar. Itulah sebabnya legenda urban itu disebut 'La Llorona' yang artinya wanita menangis. Kabarnya, La Llorona mengenakan gaun renda serba putih saat menghantui dan tatapan matanya bisa mendatangkan malapetaka, bahkan kematian.

2. Bloody Mary (Amerika)

Legenda urban ini sangat terkenal di banyak negara Barat, terutama Amerika. Konon, apabila kita memanggil sebutan 'Bloody Mary' sebanyak tiga kali di depan cermin dalam ruang yang gelap, sesosok hantu perempuan bernama Mary akan muncul di cermin itu!

Terkadang Mary menampakkan dirinya dengan penampilan yang biasa, tetapi terkadang ia muncul dengan wujud berlumuran darah. Namun, menurut penjelasan ilmiah, menatap cermin di kegelapan dalam waktu yang lama memang bisa menyebabkan halusinasi. Wajah yang terlihat di cermin itu bisa berbentuk kabur, meleleh, menghilang, atau berubah menjadi sosok aneh lainnya.

3. Kuchisake-onna (Jepang)

Di Negeri Sakura, beredar legenda urban mengenai wanita yang memakai masker medis. Ia terlihat berjalan-jalan sendirian di malam hari, lalu menghampiri anak-anak. Masih memakai masker, ia bertanya, Apa aku cantik?

Jika menjawab 'tidak', konon Kuchisake-onna akan membunuh orang itu dengan gunting yang dibawanya. Jika menjawab 'iya', ia akan membuka maskernya lalu memperlihatkan mulutnya yang robek sampai ke telinga. Kalau sekarang bagaimana? tanyanya lagi.

Sama seperti sebelumnya, ia akan membunuh kalau dijawab 'tidak'. Namun, kalau menjawab 'iya', ia akan merobek mulut korbannya agar sama seperti dirinya.

Konon kabarnya, Kuchisake-onna adalah seorang wanita yang dirobek mulutnya oleh suaminya sendiri lantaran wanita itu ketahuan selingkuh. Usai merobek mulutnya, sang suami berkata, Siapa sekarang yang akan menganggapmu cantik?

4. Mae Nak Phra Khanong (Thailand)

Legenda urban ini menceritakan sepasang suami istri Mak dan Nak yang tinggal di tepian kanal di Thailand. Sayangnya, mereka harus hidup terpisah lantaran Mak, sang suami, harus pergi ke medan perang. Di saat terpisah itulah, Nak meninggal dunia saat melahirkan.

Namun, karena cintanya kepada suaminya sangat dalam, Nak menolak pergi ke alam baka dan memilih bergentayangan menjadi hantu. Ia pun setia menunggu suaminya pulang dari medan perang.

Legenda urban ini sangat terkenal di kalangan penduduk Thailand, bahkan sampai dibuat beberapa film dengan versi berbeda-beda.

5. Ba jiao gui (China)

Ba jiao gui adalah sosok hantu perempuan yang tinggal di pohon pisang. Ia terlihat meratap di bawah pohon pisang pada malam hari, terkadang sambil menggendong bayi. Bahkan, di beberapa daerah, mereka yang tamak akan menanyakan nomor lotre yang akan menang. Mereka pun mengikat tali merah di dahan pohon pisang dan menusukkan jarum di pohon itu. Ujung tali satunya pun diikatkan di tempat tidur mereka.

Pada malam hari, sosok ini akan muncul untuk minta dibebaskan. Sebagai gantinya, ia akan memberi nomor lotre yang akan menang. Jika orang itu tak memenuhi janji untuk membebaskannya usai menang lotre, ia akan mengalami kematian yang mengenaskan.

6. Bocah Bermata Hitam (Amerika)

Legenda urban ini populer di tahun 1990-an kala seorang pria bernama Brian Bethel mengaku melihat sosok ini di Texas, Amerika. Konon, sosok ini adalah makhluk gaib yang menyerupai anak-anak usia 6-16 tahun dengan kulit pucat dan mata yang seluruhnya hitam. Mereka terlihat berkeliaran di sekitar lingkungan hunian.

7. Kuntilanak (Indonesia)

Sosok hantu ini tentu sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Konon, kuntilanak adalah hantu dari perempuan hamil yang meninggal dunia. Ada juga yang mengatakan kuntilanak meninggal saat proses melahirkan, tetapi anaknya belum sempat keluar dari rahim. Dalam bahasa Melayu, kuntilanak juga sering disebut pontianak atau puntianak, singkatan dari 'perempuan mati beranak'.

Sosok ini kerap digambarkan sebagai wanita cantik berambut panjang dan berbaju panjang warna putih. Ada juga yang menggambarkannya berlubang di bagian punggung. Konon kabarnya, sosok ini suka meneror penduduk untuk menuntut balas. Ia juga dikabarkan sering menjelma menjadi wanita cantik yang sedang berjalan sendirian di jalan sunyi untuk mengincar lelaki yang akan dijadikan mangsanya. 

Azizah/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya