Keadaan Flora dan Fauna Indonesia

sumber: floradanfauna.kompas.com

info.hallobanua.com- Keadaan flora dan fauna Indonesia dapat dilihat dari keragaman dan sebaran flora fauna di Indonesia.

Keadaan flora dan fauna menjadi salah satu keadaan alam Indonesia selain keadaan fisik wilayah. Keadaan flora dan fauna Indonesia Mengutip Kemdikbud RI, keanekaragaman flora dan fauna Indonesia atau keanekaragaman hayati Indonesia sangat besar.

Keragaman hayati Indonesia termasuk tiga besar dunia, bersama dengan Brazil, Amerika Selatan dan Zaire, Afrika. Indonesia memiliki sekitar 8.000 spesies tumbuhan dan 2.215 spesies hewan yang sudah teridentifikasi. Spesies hewan terdiri dari 515 mamalia, 60 reptil, 1.519 burung, dan 121 kupu-kupu.

Besarnya keanekaragaman hayati Indonesia terkait erat dengan kondisi iklim dan kondisi fisik wilayah. 

Keanekaragaman hayati di Indonesia besar karena suhu dan curah hujan besar memungkinkan tumbuhnya beragam jenis tanaman.

Tumbuhan memerlukan air dan suhu yang sesuai. Semakin banyak air tersedia semakin banyak tanaman yang bisa tumbuh, sehingga banyak hewan dapat hidup di daerah tersebut. Buktinya terlihat dari perbandingan antara daerah bercurah hujan tinggi seperti Indonesia dengan daerah gurun yang bercurah hujan kecil. Keanekaragaman flora fauna Indonesia jauh lebih banyak dibandingkan daerah gurun.

Flora Indo-Australian: tersebar di Indonesia Timur, meliputi Sulawsi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. 

Karakteristik Flora di Indonesia barat dan Indonesia timur adalah sebagai berikut: Flora Indonesia barat jenis meranti-merantian sangat banyak ada berbagai jenis rotan Tidak ada hutan kayu putih Jenis tumbuhan matoa (pometia pinnata) sedikit Jenis tumbuhan sagu sedikit Ada berbagai jenis nangka Flora Indonesia timur Jenis meranti-merantian sedikit tidak ada berbagai jenis rotan ada hutan kayu putih ada berbagai jenis tumbuhan matoa, khususnya di Papua banyak tumbuhan sagu tidak ada jenis nangka Berbagai jenis flora tersebut dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia, antara lain untuk bahan furnitur, bahan bangunan, bahan makanan dan lain-lain. 

Contoh, rotan dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan kursi, meja, dan perabotan rumah tangga lain. Rotan berguna untuk membuat berbagai jenis kerajinan. Sentra penghasil produk kerajinan rotan banyak berkembang di Pulau Jawa, salah satunya Cirebon.


Arif/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya