[POPULER OTOMOTIF] Warga Sipil Boleh Pakai Pelat Mobil RFS | Tilang Kendaraan yang Tidak Uji Emisi

sumber: otomotif.kompas.com

infohallobanua.com - Mobil dengan pelat nomor RFS yang digunakan oleh selebgram Rachel Venya belakangan ini menjadi sorotan tersendiri. Pasalnya, kode tersebut punya arti tersendiri dan biasa digunakan para pejabat. 

Dalam Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2012 tentang Rekomendasi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan TNKB khusus dan rahasia bagi kendaraan bermotor dinas, kode RFS digunakan untuk menunjukkan suatu kendaraan milik pejabat sipil. Tentunya, pelat nomor tersebut memiliki sejumlah fasilitas karena diberikan oleh negara kepada instansi atau pejabat tertentu. 

Sebab, warga sipil tidak bisa menggunakan pelat nomor dewa atau khusus ini. 

“Saya jelaskan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) khusus atau rahasia itu adalah yang 4 angka dengan kepala (nopol) angka satu. 

Ini di dalam Perkap digunakan untuk pejabat sipil yang mempunyai tugas khusus atau kerahasiaan,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Sementara itu, artikel mengenai tindakan penilangan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk kendaraan tidak lulus emisi juga menjadi perhatian tersendiri.

Juru Bicara Dinas LH DKI Jakarta Yogi Ikhwan mengatakan, terkait kapan waktu penerapan tilang tersebut akan dijabarkan secara resmi pada Selasa (25/10/2021) lewat pejabat Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Polda Metro Jaya.


Arif/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya