Wisata Edukasi Virtual Kebun Raya Bogor, Tetap Bisa Piknik Sambil Belajar

 

sumber. tempo.co

info.hallobanua.com - Museum Zoologi Bogor sebagai salah satu pusat konservasi tanaman biasanya selalu menerima kedatangan dari beberapa pelajar yang ingin berwisata edukasi. Namun sejak munculnya pandemi, kegiatan itu dilakukan secara daring.

Meski begitu, GM Corporate Communication and Security PT Mitra Natura Raya (MNR) Zaenal Arifin mengatakan layanan wisata edukasi daring cukup diminati selama pandemi. Sejak dibuka pada Agustus 2022, tercatat ada 10.000 peserta siswa dari 124 sekolah yang mengikutinya.

“Inovasi ini menjawab kebutuhan masyarakat untuk belajar sambil berwisata,” kata Zaenal melalui keteranga tertulis, Senin, 4 Oktober 2021.

Wisata edukasi daring itu dikemas dalam Virtual Tour de Kebun Raya yang mengenalkan sekitar 3.423 spesies flora dan fauna yang ada di area Kebun Raya Bogor. Program itu dikemas dengan pendekatan pembekalan modul pelatihan tentang flora dan fauna yang atraktif dan dinamis.

Para pelajar bisa menjelajahi keanekaragaman tumbuhan dan hewan di KRB selama 1 jam 30 menit. Selama satu jam pertama, para pelajar akan diajak berkeliling Kebun Raya Bogor oleh pemandu wisata.

Peserta mendapatkan penjelasan mengenai KRB mulai dari sejarah, koleksi tumbuhan, hingga koleksi fauna di museum zoologi selama satu jam. Selanjutnya, selama 30 menit diadakan sesi tanya jawab untuk mempertegas setelah melakukan wisata virtual.

“Pendaftaran Virtual Tour de Kebun Raya sebesar Rp15 ribu dengan bonus masker,” kata Zaenal.

Para wisatawan virtual akan menikmati koleksi tumbuhan yang menarik dan langka antara lain teratai raksasa Victoria amazonica (Poepp.) JC Sowerby, anggrek raksasa Grammatophyllum speciosum Blume, pohon raja Koompassia excelsa (Becc) Taub, pohon kenari Canarium indicum L (Burseraceae), biji bersayap Alsomitra macrocarpa (Blume) M Roem, kayu besi Eusideroxylon zwageri Teijsm & Binn dan masih banyak lagi.

Para peserta juga diajak melihat beragam kerangka dan satwa yang diawetkan di Museum Zoologi, seperti burung, serangga dan ikan. Bahkan ada kerangka hewan mamalia terbesar di dunia, yaitu paus biru.

Zaenal mengagakan untuk melengkapi paket pendidikan lingkungan, Kebun Raya Bogor juga memberikan wisata edukasi melalui media sosial seperti Youtube. Saat ini, tersedia playlist Botarium yang memberikan edukasi seputar terarium dan Botanical Talk yang diisi oleh rekaman live Instagram dari program yang berkolaborasi dengan para ilustrator yang menggambar untuk kebutuhan di kebun raya.

Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya