5 Cara Menurunkan Kadar Asam Urat Tanpa Obat

sumber: cnnindonesia.com

info.hallobanua.com - Kadar asam urat yang tinggi kerap menimbulkan gejala yang mengganggu, seperti rasa nyeri yang tak tertahankan.

Mengonsumsi obat bisa jadi salah satu cara untuk menurunkan kadar asam urat. Selain dengan obat, ada juga cara alami menurunkan asam urat.

Cara menurunkan asam urat tanpa obat bisa menjadi alternatif bagi Anda yang menginginkan proses yang lebih alami.

Penyakit asam urat sendiri merupakan radang sendi yang terjadi karena penumpukan kristal asam urat. Hal ini terjadi akibat kadar purin dalam tubuh yang terlalu tinggi.

Terbentuknya Asam Urat

Sebenarnya, purin dapat ditemukan dalam berbagai makanan. Tubuh akan mencerna purin dan menghasilkan asam urat sebagai produk limbah.

Normalnya, asam urat bisa dihilangkan dari aliran darah ke ginjal dan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Namun, disfungsi ginjal membuat asam urat tersimpan di dalam tubuh dan mengendap di persendian.

Kemudian, endapan itu membentuk kristal asam urat dan menyebabkan radang sendi menyakitkan yang dikenal dengan istilah gout atau penyakit asam urat. Endapan asam urat yang semakin banyak dapat menimbulkan penyakit kronis seperti pembengkakan dan nyeri di bagian sendi.

Cara Menurunkan Kadar Asam Urat Tanpa Obat

Tak hanya dengan obat, asam urat juga bisa diturunkan secara alami. Berikut cara menurunkan asam urat tanpa obat.

1. Mengurangi makanan tinggi purin

Anda disarankan untuk mengurangi atau menghindari makanan yang mengandung tinggi purin. Kadar purin yang tinggi dapat ditemukan dalam jeroan seperti hati, otak, ginjal, daging merah, dan alkohol.

2. Minum air putih

Meminum air putih menjadi cara menurunkan asam urat secara alami yang paling mudah. Orang dewasa yang sehat disarankan untuk meminum air putih sebanyak delapan hingga sepuluh gelas air setiap harinya.

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, asupan air juga menjaga urine tetap encer dan membantu limbah asam urat keluar dari tubuh.

3. Konsumsi cuka apel

Cuka apel (apple cider vinegar) mengandung kalium yang tinggi. Kalium disebut mampu membantu menyeimbangkan asam-basa dalam tubuh.

Menurut Baroody dan Young di The pH Miracle, cuka apel mengandung asam asetat yang ketat. Asam asetat mampu merangsang cairan pencernaan yang meliputi bikarbonat. Cairan satu ini memberikan kontribusi untuk pembentukan basa dari cuka apel.

Saat sistem tubuh lebih basa, maka penumpukan asam urat dapat terhindari pada tingkat yang sama seperti di lingkungan yang lebih asam.

4. Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C dapat mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Mengutip laman Health911, orang dewasa disarankan mengonsumsi 1000 mg vitamin C.

5.Makan buah ceri

Penulis Pathology and Nutrition: A Guide for Professionals, Liliana Stadler Mitrea menyarankan untuk memakan buah ceri untuk mengurangi kadar asam urat.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition di tahun 2003 menyebutkan bahwa buah ceri dapat menjadi cara menurunkan asam urat tanpa obat.

Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya