Berwisata ke Raja Ampat Bisa Pakai Pesawat

sumber: travel.kompas.com

info.hallobanua.com – Sebagian orang mungkin mengira bahwa perjalanan wisata menuju Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat hanya dapat dilakukan dengan cara melalui jalur laut.

Kendati demikian, ternyata ada alternatif lain, yakni menggunakan jalur udara. Kompas.com berkesempatan berwisata ke Raja Ampat naik pesawat pada akhir Oktober 2021.

Apabila ingin berkunjung ke Raja Ampat naik pesawat, berikut Kompas.com rangkum panduannya, Senin (8/11/2021). Perlu dicatat bahwa keterangan harga dan maskapai yang tertera di bawah ini adalah untuk pemesanan tiket pada 13 November 2021 dengan asumsi kamu ingin menjelajahi pariwisata Kota Sorong dan sekitarnya terlebih dulu.

Harga dan maskapai yang tersedia mungkin akan berubah tergantung dengan tanggal keberangkatan yang sahabat pilih.
  • Panduan naik pesawat ke Raja Ampat
Perjalanan menuju ke Raja Ampat tidak bisa dilakukan secara langsung dari Jakarta. Kamu harus transit dulu di Kota Sorong.

Untuk keberangkatannya, perjalanan dimulai dari Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang menuju Bandara Domine Eduard Osok di Sorong. Penerbangan dari Jakarta menuju Kota Sorong dapat dilakukan dengan dua cara, yakni secara langsung atau transit terlebih dulu.
  • Penerbangan langsung
Jika ingin terbang langsung, ada dua maskapai yang tersedia yaitu Batik Air dan Garuda Indonesia. Jadwal penerbangannya pukul 00.30 WIB, 00.35 WIB, 02.30 WIB, dan 07.10 WIB. Harga tiket dibanderol mulai dari Rp 2,1 juta. Lama waktu tempuh untuk penerbangan langsung adalah sekitar 5-6 jam.
  • Penerbangan sekali transit
Jika ingin transit sekali, ada lima maskapai yang tersedia yaitu Batik Air, Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink, dan Garuda Indonesia.

Calon penumpang bisa pilih apakah ingin transit menggunakan maskapai yang sama dan hanya pindah pesawat atau lintas maskapai. Misalnya dari Lion Air ke Batik Air, atau dari Garuda Indonesia ke Sriwijaya Air. Untuk penerbangan transit, kota-kota yang tersedia adalah Ambon dan Makassar. Jumlah penerbangan transit ke Makassar tersedia lebih banyak dibandingkan dengan Ambon.

Dalam perjalanan transit, penerbangan paling pagi tersedia pukul 01.30 WIB dan paling siang pukul 15.30 WIB. Lama waktu tempuh untuk penerbangan sekali transit beragam. Penerbangan paling singkat adalah sekitar 5 jam 30 menit sementara yang paling lama adalah 1-2 hari. Namun, waktu tempuh yang mencapai 1-2 hari ini karena jadwal penerbangan kedua tersedia pada 14 November. Harga tiket dibanderol mulai dari Rp 1,6 juta.

Mahlan / may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya