Cara Hewan Planaria Berkembang Biak

sumber: floradanfauna.kompas.com

info.hallobanua.com – Planaria adalah salah satu dari kelompok cacing pipih yang termasuk kelas Turbellaria (filum Platyhelminthes).

Planaria merupakan nama salah satu genus, namun nama planaria juga digunakan untuk menyebut anggota famili Planariidae dan famili terkait.

Kebanyakan planaria hidup di air tawar dan kadang-kadang terlihat dalam jumlah yang banyak. Beberapa spesies planaria bersifat parasit, yakni mereka memperoleh makanan dari tubuh hewan lain.

Sebagian besar planaria adalah karnivora atau pemakan daging. Mereka dapat memangsa protozoa, siput kecil, dan cacing.

Dilansir dari Britannica, planaria memiliki tubuh memanjang, lunak, berbentuk daun, dan memiliki silia.

Kepala planaria berbentuk sekop dengan dua mata dan terkadang tentakel. Uniknya, mulut planaria berada di sisi perut atau bawah.

Cara planaria berkembang biak

Dikutip dari artikel dalam Jurnal Sains & Matematika, hewan planaria berkembang biak dengan dua cara, yakni reproduksi aseksual (transverse fission) dan reproduksi seksual dengan pembentukan gamet.

Pada reproduksi seksualnya, planaria merupakan hewan hermafrodit. Mereka dapat membentuk organ reproduksi yang berkembang pasca masa embrional.

Sementara itu, hewan planaria yang berkembang biak dengan cara aseksual tidak dapat membentuk organ reproduksi sehingga bereproduksi melalui pembelahan transversal.

Beberapa penelitian eksperimental menunjukkan bahwa cara planaria berkembang biak dengan aseksual dapat diubah menjadi reproduksi seksual.

Salah satunya, penelitian Grasso and Benazzi pada tahun 1973 membuktikan bahwa pemberian planaria sexual strian Polycelis dan Dugesia lugubris dewasa pada planaria asexsual strain Dugesia gonocephalas menunjukkan, reproduksi aseksual dapat berhenti dan berkembang menjadi reproduksi seksual.

Fenomena ini ditunjukkan dengan perkembangan ovarium, folikel testikular, dan copulatory apparatus.

Azizah/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya