Desa Wisata Lembang Nonongan, Desa Agraris di Toraja Utara

sumber: travel.kompas.com

info.hallobanua.com - Desa Wisata Lembang Nonongan di Toraja Utara, Sulawesi Selatan, termasuk dalam 50 desa wisata terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, khususnya di kategori desa wisata rintisan.

ADWI 2021 merupakan ajang yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Untuk informasi, dilansir dari Kompas.com, Minggu (1/8/2021), desa wisata rintisan masih sebatas memiliki potensi dan tempat wisata, namun belum punya produk wisata.

Dalam kunjungannya ke Desa Wisata Lembang Nonongan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap akan desa wisata tersebut berkembang menjadi destinasi unggulan di Toraja Utara.

Sandiaga juga mendorong agar status desa wisata tersebut meningkat dari desa wisata rintisan menjadi desa wisata mandiri berkelanjutan.

"Desa Wisata Lembang Nonongan terpilih menjadi 50 desa wisata terbaik. Ini adalah kesempatan kita untuk membangkitkan ekonomi, kembali menjadikan Toraja dan Toraja Utara sebagai destinasi unggulan," ujarnya, melalui keterangan resmi, Senin (22/11/2021).

Ia menambahkan, pihaknya akan menyiapkan pendampingan bagi pokdarwis (kelompok sadar wisata) setempat tentang pengelolaan desa wisata.

Tawarkan kegiatan yang dekat dengan kehidupan masyarakat

Desa Wisata Lembang Nonongan dikenal sebagai desa agraris yang masih mempertahankan kebiasaan-kebiasaan leluhur.

Desa wisata ini juga memiliki beragam daya tarik wisata yang dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat.

Daya tarik tersebut, di antaranya adalah To Mangrengnge' Pare atau kegiatan masyarakat saat memanen padi dan To Mal'lambuk atau kegiatan menumbuk padi.

Ada juga To Mangrengnge' Utan atau kegiatan masyarakat memanen hasil hutan dan To Mewai atau kegiatan masyarakat mengambil air di sungai.

Seni dan budaya di Desa Wisata Lembang Nonongan

Desa Wisata Lembang Nonongan juga kaya akan seni dan budaya.

Sejumlah tarian yang ada, di antaranya Pa' Gellu' yakni tarian sukacita yang umumnya dipentaskan saat upacara adat dan Pa'dena'-dena' yaitu tarian yang mengandung makna hidup berdampingan dengan sesama manusia, alam, dan hewan.

Kemudian terdapat pula Pa'randing, tarian adat yang ditampilkan saat upcara adat kematian. Tarian ini mengawali prosesi saat jenazah dibawa dari lumbung padi menuju Rante atau tempat upacara pemakaman.

Tidak hanya itu, Desa Wisata Lembang Nonongan juga memiliki rumah adat tertua yaitu tongkonan nonongan.

Makanan di Desa Wisata Lembang Nonongan

Sejumlah hidangan tradisional dapat ditemukan di Desa Wisata Lembang Nonongan. Salah satunya adalah depatori yang terbuat dari tepung beras dan gula merah.

Kemudian ada juga pa'piong yang merupakan olahan ayam, ikan, dan daging yang dimasak dengan bambu.

Mahlan / may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya