Emoji Jari Kuncup Punya Banyak Makna, Tapi Inilah Arti Sebenarnya

sumber: internet.kompas.com

info.hallobanua.com - Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Pribahasa itu tampaknya tepat untuk mengambarkan emoji pinched fingers atau yang juga dikenal dengan nama jari terkuncup atau tangan kuncup. Pasalnya, arti emoji ini bisa beda-beda, tergantung budaya di masing-masing negara.

Emoji jari terkuncup kerap diinterpretasikan untuk menunjukan ketidakpercayaan, meminta orang lain untuk diam, atau gestur imut yang meniru salah satu bintang K-pop. Akan tetapi, emoji ini sejatinya punya arti yang orisinil dari sang pembuatnya.

Emoji jari terkuncup sebenarnya tergolong emoji baru. Unicode Consortium, organisasi yang menstandarisasi penggunaan emoji di seluruh dunia merilis emoji ini pada bulan Januari 2020. Emoji ini dibuat oleh Adrian Farano, seorang enterpreneur media asal Italia.

Ide pembuatanya muncul dalam sebuah konferensi jurnalis beberepa tahun lalu kala Farano berjumpa wakil ketua Unicode Emoji Subcommittee, Jennifer 8. Lee.

Saat mendiskusikan sesuatu, Farano tampak menguncupkan ujung jarinya dengan gerakan naik-turun ketika berbicara. sebagaimana diceritakan jurnalis asal Amerika Serikat, Drew Costley dalam blog Medium.

Lee pun tertarik dengan gestur tersebut dan bertanya apa maksudnya. Farano menjelaskan bahwa gestur itu adalah ciri khas orang Italia yang memiliki arti Ma che vuò? atau dalam bahasa Indonesia berarti "Apa maumu?". Makna itu pula yang menjadi arti emoji jari terkuncup sesungguhnya.

Akan tetapi setelah gestur itu terwujud dalam sebuah emoji dan digunakan banyak orang di seluruh dunia, maknanya menjadi bermacam-macam bahkan jauh dari arti sebenarnya.

"Semua orang tahu kalau orang Italia berbicara dengan tangan mereka. Tapi mungkin artinya berbeda di tempat lain. Kami ingin emoji ini tidak hanya digunakan di Italia dan negara-negara Mediterania saja, tapi juga lebih luas, di seluruh dunia " kata Farano, dirangkum KompasTekno dari BBC, Jumat (12/11/2021).

Bahkan, di satu negara saja, emoji jari terkuncup bisa memiliki banyak arti. Seperti di Israel, seorang jurnalis bernama Kim Zetter menjelaskan bahwa di negara tersebut, emoji jari terkuncup digunakan untuk menunjukan bahwa sesorang merasa terganggu atau marah dengan seseorang.

"Artinya seperti "pelan-pelan", "tunggu sebentar", "sabar", atau bahkan "sial". Mungkin tidak semua orang menggunakan emoji tersebut seperti itu," jelas Zetter.

Mahlan / may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya