Film Encanto Dihujani Pujian Berkat Cerita Berbudaya Kolombia

sumber: cnnindonesia.com

info.hallobanua.com - Film Encanto dari Walt Disney Animation Studios mendapat banyak ulasan positif dari kritikus film. Kebanyakan kritikus memuji jalan cerita Encanto yang mengangkat budaya Kolombia.

Film Encanto mendapat rating sebesar 94 persen dari laman agregator Rotten Tomatoes. Angka ini lebih tinggi dari film Luca yang mendapat rating 91 persen saat dirilis pada 18 Juni 2021.

Kritikus film Maya Phillips dari New York Times menilai bahwa Encato sangat baik dalam menyajikan budaya Latin di semua dimensi.

Sementara itu, kritikus film Mark Kennedy dari Associated Press memuji soundtrack Encanto yang dianggap sebagai bagian paling istimewa dari film ini. Ia memuji musikalitas Lin-Manuel Miranda sebagai otak di balik delapan lagu soundtrack Encanto.

Lin-Manuel Miranda merupakan sosok yang sudah tidak asing lagi di dunia seni teater terutama Broadway lewat beberapa karya, seperti In The Heights, Hamilton dan Freestyle Love Supreme.

Kemudian kritikus film Brian Orndorf memuji kualitas akting Stephanie Beatriz yang didapuk sebagai pengisi suara Mirabel Madrigal.

Aktris yang juga berperan di serial Brooklyn 99 ini dinilai sukses dalam menunjukkan kehangatan dan kepribadian yang mustahil sebagai pengisi suara animasi. Usaha keras Beatriz dianggap berhasil dalam memberikan rasa kemanusiaan dalam karakter yang ia bawa.

Namun tak semua kritikus memberikan pujian.

Aparita Bhandari dari Globe and Mail menilai, Encanto kurang menarik karena terlalu banyak hal yang disampaikan. Demikian juga Peter Bradshaw dari Guardian yang menyebut film ini tanpa rasa dan tidak memuaskan.

Encanto berpusat pada satu keluarga ajaib yang dikenal dengan nama The Madrigals. Mereka tinggal dalam satu rumah yang berada di sebuah kota bernama Encanto yang terletak di pegunungan Kolombia.

Seluruh anggota keluarga ini memiliki kemampuan spesial. Mulai dari Isabela Madrigal (Diane Guerrero) yang bisa menumbuhkan tanamanan.

Lalu, Antonio Madrigal (Ravi-Cabot Conyers) bisa berkomunikasi dengan hewan, hingga Camilo Madrigal (Rhenzy Feliz) yang bisa berubah menjadi orang lain.

Hanya ada satu anggota keluarga yang tidak memiliki kemampuan sama sekali. Ia adalah Mirabel Madrigal yang disuarakan oleh aktris berdarah Argentina-Amerika, Stephanie Beatriz.

Meski tidak memiliki kekuatan sihir, Mirabel belakangan menyadari bahwa sihir yang menjadi kemampuan keluarganya tengah terancam. Ia pun menjadi satu-satunya orang yang bisa menyelamatkan keluarganya dari bencana itu.

Sebelum bisa menyelamatkan keluarga, Mirabel harus memperbaiki ikatan keluarganya yang telah hancur karena keegoisan sang nenek.

Selain Beatriz, Encanto juga akan menampilkan aktor berdarah Latin lainnya sebagai pengisi suara. Di antaranya adalah Wilmer Valderrama, John Leguizamo, Angie Cepeda, dan Rhenzy Feliz.

Encanto disutradarai oleh Byron Howard dan Jared Bush. Sebelumnya, mereka berdua menyutradarai film Zootopia (2016) yang menuai kesuksesan. Sementara Howard sendiri pernah menyutradarai Tangled (2010).

Encanto telah tayang di jaringan bioskop Indonesia secara eksklusif selama 30 hari sejak 24 November 2021. Kemudian film ini akan tayang di layanan streaming Disney+ Hotstar pada 24 Desember 2021.

Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya