Hari Kesehatan Nasional, Kemenkes Minta Masyarakat Jaga Diri

Sumber: cnnindonesia.com

info.hallobanua.com - Hari Kesehatan Nasional 2021 dirayakan tepat hari ini, Jumat 12 Oktober 2021. Kementerian Kesehatan mengambil tema Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku sebagai tema hari kesehatan nasional 2021.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI sekaligus Juru Bicara Pemerintah untuk Program Vaksinasi COVID-19, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, masih banyak yang harus dihadapi Indonesia soal isu kesehatan, tak hanya pandemi Covid-19, berbagai penyakit baik yang menular maupun tidak menular.

"Berbagai penyakit yah, itu memang sudah diupayakan pencegahan oleh pemerintah dan terus imbau masyarakat untuk waspada, termasuk terhadap penyakit tidak menular," kata Nadia saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (12/11).

Penyakit tidak menular ini biasanya bisa terjadi karena pola hidup dan gaya hidup yang tidak sehat. Seperti penyakit jantung, kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Mereka bisa dicegah dengan menjalani hidup sehat dan terus bergerak. Apalagi kata Nadia, sesuai dengan tema Hari Kesehatan Nasional tahun ini yakni Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku, tak hanya pemerintah, masyarakat juga harus terlibat demi menyehatkan Indonesia.

Salah satunya dengan menjaga diri agar terhindar dari berbagai penyakit, baik yang menular maupun tidak menular.

"Kita semangat untuk bergotong royong dan berkolaborasi, tak hanya untuk pandemi ini tapi untuk penyakit lainnya," kata dia.

Terkait pandemi, kondisi kata dia memang terus mengalami kemajuan dan berangsur membaik. Namun jangan sampai terlena dan lengah sebab pandemi bisa kembali meningkat kapan saja.

Vaksinasi dan terus menjaga protokol kesehatan harus terus dilakukan, bukan hanya vaksinasi covid-19 tetapi vaksinasi untuk penyakit lainnya.

"Dan tentunya kita harus melihat kembali pelayanan kesehatan lain seperti cakupan imunisasi, layanan TBC, HIV, malaria juga kesehatan ibu dan masalah stunting yang masih kita harus kejar capaiannya," kata dia.

Mahlan / may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya