Kenali Penyebab Kolesterol dan Cara Penyembuhannya di Usia Muda

sumber: kesehatan.kompas.com

info.hallobanua.com - Sebelum itu, apa itu KOLESTROL?

KOLESTEROL merupakan lemak yang dapat ditemukan di seluruh sel yang terdapat dalam tubuh.

Dalam hal ini, biasanya organ hati membuat kolesterol tersendiri. Meskipun begitu, tubuh juga bisa mendapatkan kolesterol dari beberapa makanan. Seperti makanan berbahan daging serta berbagai produk susu.

Jika kita mendengar kata kolesterol, kebanyakan orang akan mengartikan sebagai penyakit yang jahat. Namun ternyata, kolesterol juga memiliki dampak yang baik untuk tubuh.

dr. Santi, selaku dokter umum Kompas Gramedia, menjelaskan kolesterol terbagi menjadi dua macam, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Kolesterol baik ini dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Dalam hal ini, kolesterol baik berperan untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah akibat lemak.

Adapun kolesterol jahat berperan sebaliknya, yaitu yang biasanya menjadi salah satu penyebab terjadinya penyempitan pembuluh darah.

"Kolesterol dianggap sesuatu yang jahat dan berbahaya, padahal kolesterol itu tidak seburuk itu. Di dalam tubuh kolesterol tetap dibutuhkan untuk berfungsinya struktur dinding sel, untuk membentuk asam empedu yang dibutuhkan untuk mencerna lemak di saluran pencernaan. Kolesterol juga dibutuhkan untuk pembentukan vitamin D yang ujung-ujungnya untuk menyerap kalsium dari saluran pencernaan, terus kolesterol juga berfungsi untuk membentuk hormon-hormon, termasuk hormon seks," ujar dr Santi saat diwawancarai oleh penyiar Sonora FM, Mira, dalam siniar (podcast) Kamu Sehat.

Kolesterol dianggap hanya menyerang orang usia lanjut saja. Namun nyatanya, kolesterol bisa terjadi pada seseorang yang masih berusia muda, usia ini memiliki rentang mulai usia 20 hingga 30 tahun.

Kolesterol biasa terjadi karena asupan makanan tidak dijaga dengan baik. Kadar kolesterol yang tinggi bisa dipengaruhi oleh beberapa hal.

Kadar kolesterol yang tinggi biasanya banyak ditemui pada orang yang memiliki tubuh yang gemuk atau obesitas.

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan penyakit jantung ataupun stroke.

Agar terhindar dari penyakit tersebut, sebaiknya melakukan olahraga rutin dan menghindari merokok.

Penyebab kolestrol tinggi di usia muda

Kondisi tingginya kolesterol dalam darah bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak dan remaja. Biasanya anak-anak dan remaja yang mempunyai kondisi ini mendapat pengaruh dari beberapa faktor, seperti:
  1. Pola makan yang tidak sehat, terutama sering mengonsumsi makanan siap saji yang tinggi lemak.
  2. Mempunyai riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi.
  3. Faktor kelebihan berat badan atau kegemukan.
Selain faktor-faktor di atas, penyakit seperti diabetes, penyakit ginjal, dan penyakit tiroid juga menjadi penyebab kolesterol tinggi di usia muda.

Dengan begitu, sebaiknya anak-anak dan remaja yang memiliki gangguan kesehatan ini perlu menjalankan gaya hidup yang lebih sehat.

Cara menyembuhkan kolesterol tinggi di usia muda

Setelah mengetahui penyebab kolesterol, ada beberapa cara menyembuhkan kolesterol yang tinggi di usia muda, yaitu:
  1. Melakukan olahraga secara teratur dan menghabiskan sedikit waktu duduk di depan televisi, komputer, atau bermain ponsel.
  2. Mengubah pola makan yang lebih sehat, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.
  3. Turunkan berat badan dengan menjaga pola makan dan olahraga secara teratur untuk meminimalisasi maupun mencegah obesitas dan berbagai risiko buruk yang menyertainya.
Makanan sehat penurun kolesterol

Salah satu cara menyembuhkan kolesterol adalah mengkonsumsi makanan sehat. Berikut beberapa contoh makanan sehat yang bisa Anda coba di rumah:
  • Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik daripada digoreng.
  • Susu, keju, yoghurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega. Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebas.
  • Sayuran dan buah potong (jangan dijus) serta bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti oatmeal dan roti gandum.
  • Pilih minyak baik untuk memasak, seperti minyak zaitun, minyak canola, minyak jagung, minyak bunga matahari, minyak wijen, dan minyak kedelai. Hindari minyak kelapa sawit.
  • Makanan mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almon, kacang tanah).
Azizah/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya