Makna dan Asal-usul Logo Meta, Perusahaan Induk Baru Facebook

sumber: internet.kompas.com

info.hallobanua.com - Ternyata logo Meta ada makna nya lho!

Selamat tinggal Facebook Inc, selamat datang Meta. Setelah 17 tahun, perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu akhirnya resmi melakukan pergantian nama.

Pergantian nama ini juga diikuti dengan perubahan logo. Facebook Inc yang semula memiliki logo "Like" kini berganti menjadi Meta dengan logo yang menyerupai simbol "infinity" (tidak terbatas).

Simbol "infinity" ini sebenarnya sudah banyak diadopsi untuk dijadikan logo perusahaan. Lantas, apa yang spesial dari logo baru Meta ini dan bagaimana asal-usulnya?

Dalam sebuah unggahan di laman resmi, perusahaan menjelaskan lebih detail soal keistimewaan logo Meta yang menyerupai simbol "infinity" itu.

Namun, sebelum itu, untuk memahami makna logo Meta, perlu diketahui arti dari nama baru perusahaan itu terlebih dahulu.

Perusahaan menjelaskan, "Meta" dipilih sebagai nama baru Facebook Inc karena kata ini bisa berarti "beyond" atau "melampaui", sejalan dengan visi Facebook untuk membangun "Metaverse".

"Dengan metaverse, kita bisa melampaui batasan layar, batas jarak, dan bahkan fisika. Meta adalah pengingat bahwa selalu ada lebih banyak hal untuk diciptakan," tulis Meta.

Untuk mewakili visi Meta itulah perusahaan akhirnya memilih logo menyerupai simbol "infinity".

Logo live motion

Yang istimewa, Meta mengatakan, logo ini digambar menggunakan teknologi virtual reality (VR) Quest milik perusahaan sendiri.

Menurut Meta, proses desain logo perusahaan tidak dilakukan secara tradisional, yakni dalam format dua dimensi saja (2D).

Namun, logo baru Meta sengaja dibuat menjadi logo bergerak dengan gerakan meliuk unik secara terus menerus. Selama pergerakannya, logo ini dapat memberikan kesan 2D dan 3D sekaligus.

Karena itulah, logo Meta sebenarnya bisa menampilkan bentuk yang berbeda-beda, tergantung perspektif atau sudut pandang orang yang melihatnya. Di satu sisi, logo Meta bisa mirip seperti simbol "infinity".

"Bentuk ini melambangkan cakrawala tak terbatas di Metaverse," tulis pihak Meta.

Namun, bila dilihat dari sisi lain, logo Meta juga menyerupai huruf "M", yang tak lain ialah untuk merepresentasikan nama Meta itu sendiri.

Perusahaan menjelaskan, logo Meta menggunakan tekstur, warna, dan gerakan tanpa batas, guna menangkap kreativitas dan imajinasi dunia 3D. Dunia 3D inilah yang menjadi ide dasar dari Metaverse, visi masa depan Meta.

Untuk lebih jelasnya, pengguna bisa melihat logo baru Meta dari berbagai perspektif secara 3D melalui ditautan berikut.

Berasal dari simbol kuno "ouroboros"

Meski terkesan modern, ternyata simbol "infinity" yang digunakan Meta dan beberapa perusahaan lainnya itu berasal dari simbol kuno.

Satu teori menyatakan bahwa simbol infinity itu sebenarnya berasal dari simbol kuno bernama "ouroboros".

Simbol "ouroboros" menampilkan gambar seekor ular atau naga yang menggigit ekornya sendiri, sambil melingkar hingga membentuk angka 8 secara horizontal.

Simbol "infinity" sendiri juga digambarkan dengan lekukan garis yang membentuk angka 8 secara horizontal.

Secara historis, simbol ouroboros melambangkan ketidakterbatasan dan siklus kelahiran dan kematian, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari DesignBoom, Jumat (5/11/2021).

Azizah/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya