Narwhal, Makhluk Misterius di Laut yang Punya Tanduk Seperti Unicorn

sumber: floradanfauna.kompas.com

info.hallobanua.com - Narwhal adalah spesies paus bertubuh kecil yang hidup di pelosok Samudra Arktik yang dingin. Hewan ini dikenal karena memiliki tanduk spiral menyerupai tanduk milik makhluk mitologi yang disebut unicorn.

Hal tersebut membuatnya dikenal sebagai unicorn laut. Sebutan narwhal berasal dari bahasa Nordik, nar yang berarti mayat dan hval yang berarti paus.

Dilansir dari Live Science, Rabu (17/11/2021) menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), penamaan ini mengacu pada kulit abu-abu paus yang menyerupai orang tenggelam.

Dalam bahasa Latin, narwhal disebut Monodon monoceros yang mengartikan satu gigi, satu tanduk. Sementara itu, hewan yang berkerabat dekat dengannya adalah paus beluga (Delphinapterus leucas). Keduanya termasuk dalam kelompok Odontoceti, atau paus bergigi."Narwhal adalah salah satu hewan yang paling sulit untuk dipelajari, menurut saya. Mereka pada dasarnya sangat sulit dipahami dan lihai," ujar peneliti sekaligus profesor di University of Washington, Kristen Laidre.

Morfologi narwhal

Bagian tubuh dari hewan ini yang paling khas adalah tanduk spiralnya. Tetapi hanya narwhal jantan dewasa saja yang memiliki tanduk ini.

Narwhal jantan dewasa memiliki panjang sekitar 4,6 meter dan berat mencapai 1.590 kg. Sedangkan betina panjangnya 4 meter, dan beratnya sekitar 910 kg.

Menariknya, tanduk ini sebenarnya merupakan gigi panjang yang menonjol.

Menurut catatan Polar Science Center di University of Washington, pertumbuhan giginya bisa mencapai 3 meter.

Meski jarang terjadi, beberapa pejantan disebut memiliki dua tanduk di mana satu tanduknya berukuran lebih kecil.

Di samping itu, berdasarkan tesis tahun 1984 yang ditulis oleh ahli biologi kelautan Universitas McGill, Keith Hay menemukan, bahwa narwhal betina langka juga menumbuhkan satu atau bahkan dua tanduk sekaligus.

Azizah/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya