Pabrikan Oven Jepang Bikin HP Android Mungil Balmuda Phone

sumber: gawai.kompas.com

info.hallobanua.com - Perusahaan elektronik asal Jepang, Balmuda, telah resmi merilis perangkat smartphone pertama miliknya. Perangkat yang sudah menjalankan OS Android itu diberi nama Balmuda Phone.

Balmuda sendiri dikenal sebagai merek asal Jepang yang memproduksi alat-alat kebutuhan rumah tangga, seperti oven, toaster, teko listrik, dan lain sebagainya. Berbeda dengan smartphone Android kebanyakan, Balmuda Phone didesain dengan ukuran mungil yang memiliki empat ujung bingkai membulat (rounded). Ponsel yang mengusung ukuran layar yang kurang darri 5 inci, tepatnya 4,9 inci dengan memiliki dimensi 123 x 69 x 13,7 mm dan bobot sekitar 138 gram.

CEO Balmuda, Gen Terao, mengatakan, Balmuda Phone memang dirancang dengan ukuran mini, sehingga aman saat digenggam, serta nyaman dioperasikan hanya dengan satu tangan.

Terao juga mengatakan, sebagian besar smartphone yang beredar di pasaran saat ini ukurannya terlalu besar dan tidak ringkas, karena itulah Balmuda Phone men

Secara tampilan, bingkai layar (bezel) di sisi atas maupun bawah terbilang masih lumayan tebal. Sementara bagian punggungnya didesain melengkung alias tidak presisi. Karena bentuknya yang melengkung, kemungkinan baterai di dalamnya pun mengikuti desain bodi secara keseluruhan.

Soal spesifikasi, layar Balmuda Phone memiliki resolusi Full HD Plus dan aspek rasio 16:9. Di pojok kanan atas layar terdapat punch-hole atau lubang untuk menampung kamera selfie beresolusi 8 MP. Sementara di bagian punggung, Balmuda Phone dibekali dengan pemindai sidik jari konvensional berbentuk bundar, serta satu buah kamera belakang beresolusi 48 MP yang ditempatkan di pojok kiri atas.

Untuk sektor dapur pacu, Balmuda Phone mengandalkan System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 765 dengan modem 5G terintegrasi. Chip tersebut dipadukan dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan 128 GB. Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (18/11/2021), Balmuda Phone menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 yang dirancang khusus untuk ponsel berukuran mungil.

Aplikasi bawaan seperti kamera, kalender, notes, dan kalkulator juga dibuat secara custom, sehingga tampilan antarmukanya (UI) tidak seperti ponsel Android pada umumnya.

Di layar Home Screen, pengguna juga dapat mengoperasikan beberapa fungsi. Misalnya jika ingin membuka log panggilan atau melihat titik lokasi mereka di peta.

Selain itu, ada pula Access Tools yang memudahkan pengguna apabila mereka ingin membuka sejumlah menu seperti kalender, jam, memo, atau kalkulator. Balmuda Phone ditopang dengan baterai berkapasitas 2.500 mAh. Konektor yang digunakan untuk mengisi daya adalah USB Type-C.

Adapun fitur lain yang dibawa Balmuda Phone diantaranya yaitu NFC, Scheduler, Google Mobile Service (GMS), serta tahan air dan debu dengan sertifikat IP44. Di Jepang, Balmuda Phone baru akan dipasarkan pada 26 November 2021 mendatang. Harga Balmuda Phone dibanderol seharga 104.800 Yen atau sekitar Rp 13 juta.

Belum ada informasi apakah Balmuda Phone bakal menyambangi pasar internasional atau tidak. Kita tunggu saja.

Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya