Pentingnya Penerapan Kebersihan oleh Penjual Makanan, Hindari Tifoid

sumber: kuliner.kompas.com

info.hallobanua.com - Demam tifoid merupakan penyakit infeksi saluran pencernaan yang dapat ditularkan melalui makanan. Demam tifoid tidak datang begitu saja dari dalam makanan.

Salah satu jenis foodborne disease (keracunan makanan) ini dapat muncul dan menular akibat bahan makanan yang terkontaminasi bakteri Salmonela typhi.

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Suzy Maria Sp.PD, K-AI, bakteri penyebab demam tifoid bisa terdapat dalam semua makanan, baik makanan yang dibeli di luar rumah atau makanan yang dibuat sendiri di rumah.

"Tidak menjamin makanannya tidak terkontaminasi karena dalam tiap proses tahapan penyiapan makanan itu ada peluang makanannya terkontaminasi," tutur Suzy dalam acara Peluncuran Kampanye Santap Aman oleh Sanofi Pasteur Indonesia, Kamis (11/11/2021).

Jad, menurutnya makanan dari restoran bintang lima atau yang di pinggir jala, semuanya berpotensi untuk terkontaminasi dan membawa penyakit.

Suzy mengatakan, diperlukan kesadaran untuk menjaga sanitasi dan higiene secara pribadi untuk mencegah penularan penyakit demam tifoid dari dalam makanan.

Khususnya, bagi para pelaku usaha makanan karena bisa berpotensi sebagai carrier typhi (penyebar bakteri)

Arif / may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya