Salah Satu Cara Mengatasi Eksim

sumber: fashion.kompas.com

info.hallobanua.com – Apakah kamu pernah mencoba merawat kulit dengan oatmeal?

Ya, ternyata salah satu sumber karbohidrat ini tak hanya enak untuk disantap, tetapi juga punya banyak manfaat untuk kulit. Selain itu, manfaat oatmeal untuk kulit ini juga bisa dirasakan dari kulit kering hingga kulit dengan eksim.

Mengutip informasi dari Medical News Today, manfaat oatmeal tersebut berasal dari beberapa kandungan bahan ini, seperti:

- Beta glucan, senyawa yang bisa menyerap air.

- Phenols, salah satu jenis sumber antioksidan.

- Sapoins, senyawa yang punya sifat seperti sabun sehingga memiliki efek membersihkan.

- Minyak, yang bisa bantu menutrisi sekaligus melembapkan kulit.

Secara lebih lengkap, simak yuk beberapa manfaat oatmeal untuk kulit yang perlu kamu ketahui berikut ini!

1. Bisa digunakan untuk semua jenis kulit

Kawan Puan, beberapa skincare yang mengandung oatmeal biasanya menggunakan oatmeal yang sudah dihaluskan atau digiling. Food and Drug Administrations di Amerika Serikat sendiri, penggunaan oatmeal giling sudah diizinkan sebagai salah satu bahan produk skincare.

Selain itu, menurut hasil studi dari Safety and Efficacy of Personal Care Products Containing Colloidal Oatmeal tahun 2015 yang lalu menyebutkan bahwa penggunaan skincare dengan kandungan oatmeal giling tidak menimbulkan alergi sama sekali pada kulit. Dari hal tersebut dapat diartikan bahwa penggunaan oatmeal ini aman untuk semua jenis kulit.

2. Mengatasi kulit kering dan gatal

Kawan Puan, kegunaan oatmeal untuk kulit yang selanjutnya adalah bisa mengatasi kulit kering dan gatal. Seperti diketahui, memiliki kulit kering membuat kita tidak nyaman bahkan sampai tidak percaya diri.

Selain itu, kulit kering juga membuat hasil riasan kita kurang sempurna. Sebuah studi yang diterbitkan oleh National Institute of Health tahun 2018 menyebutkan bahwa oatmeal giling bisa membantu meringankan kondisi kulit kering hingga bersisik. Lebih lanjut tentang hasil studi tersebut juga menjelaskan bahwa oatmeal juga bisa membantu mengembalikan serta menjaga skin barrier agar tetap sehat.

3. Bantu mengatasi eksim

Kawan Puan, eksim merupakan kondisi kulit yang menyebabkan rasa gatal dan bersisik pada bagian tertentu. Masih dari hasil studi National Institute of Health, mendapatkan hasil bahwa kandungan dalan oatmeal giling bisa bantu meringankan gejala eksim pada kulit.

Contohnya pada 26 pasien yang menerima perawatan dengan krim oatmeal 1%. Setelah diaplikasikan krim oatmeal tersebut, keduapuluh enam pasien merasa lebih baik.

Melihat banyaknya manfaat oatmeal tersebut, apakah Kawan Puan ingin coba merawat dengan oatmeal ini?

Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya