Walking vs Hiking, Mana yang Lebih Sehat?

sumber: cnnindonesia.com

info.hallobanua.com - Walking dan hiking merupakan dua aktivitas jalan kaki yang baik untuk kesehatan. Dari dua kegiatan ini, mana yang lebih sehat untuk tubuh?

Walking atau berjalan merupakan aktivitas aerobik yang dilakukan di lintasan yang datar misalnya perkotaan atau di treadmill. Sedangkan, hiking merupakan aktivitas jalan kaki di luar ruangan yang melewati lintasan berupa pendakian.

Studi menunjukkan kedua aktivitas ini baik untuk kesehatan kardiovaskuler atau jantung dan pembuluh darah. Kegiatan ini dapat menurunkan berat badan, mengontrol tekanan darah, dan mengurangi kadar kolesterol.

"Berjalan adalah salah satu latihan terbaik untuk kesehatan jantung pada segala usia, termasuk mereka yang memiliki masalah dan kondisi jantung. Mendaki juga menyehatkan jantung dan memberikan pembakaran kalori yang lebih tinggi dalam waktu yang lebih singkat," kata dokter spesialis jantung Fahmi Farah, dikutip dari CNN.

Studi menunjukkan berjalan dan juga hiking punya keunggulan masing-masing. Aktivitas yang baik tergantung pada tujuan kebugaran dan preferensi pribadi.

1. Untuk membakar kalori lebih banyak: hiking

Jika ingin membakar kalori lebih banyak, hiking lebih baik dibandingkan dengan berjalan. Studi menunjukkan setiap berjalan 1,6 km, tubuh bisa membakar sekitar 100 kalori. Saat mendaki, kalori yang dibakar bisa dua kali lipat lebih banyak.

Jumlah kalori yang dibakar juga tergantung pada berapa lama berjalan, lintasan, cuaca, usia, dan jenis kelamin.

2. Aktivitas paling murah: berjalan

Jika ingin aktivitas fisik yang murah, berjalan adalah jawabannya. Berjalan bisa dilakukan dengan pakaian dan sepatu nyaman. Anda bisa berjalan di area perkotaan denagn tempat tinggal.

Sedangkan hiking atau mendaki sering kali membutuhkan biaya transportasi untuk menuju tempat hiking. Hiking juga kadang memerlukan perlengkapan khusus seperti ransel, tongkat trekking, dan pasokan minum yang lebih banyak.

3. Aktivitas yang lebih aman: berjalan

Kedua aktivitas ini sama-sama mempunyai risiko yang rendah. Namun, berjalan lebih aman karena umumnya menempuh perjalanan yang sudah familiar. Sedangkan hiking sering kali melewati pegunungan yang belum rutin dilewati.

4. Untuk meredakan stres: hiking

Kedua aktivitas ini sama-sama bisa meredakan stres. Namun, berjalan di alam bebas seperti hiking memiliki manfaat lebih. Studi menunjukkan 10 menit di alam bebas bisa mengurangi stres fisik dan mental.

Mahlan / may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya