5 Hewan yang Tidak Memiliki Otak dan Cara Mereka Bertahan Hidup

sumber: floradanfauna.kompas.com

info.hallobanua.com - Otak adalah bagian penting dari suatu organisme. Otak menjadi pusat pengendalian sistem saraf ke seluruh tubuh.

Semua organ baik yang bekerja tanpa disadari dan disadari bekerja dengan perintah dari otak. Apakah suatu organisme bisa hidup tanpa otak?

Ternyata hidup tanpa otak bukan menjadi masalah bagi sebagian hewan. Terdapat beberapa hewan yang hidup otak. Berikut ini adalah hewan yang tidak memiliki otak:

1. Bulu babi

Hewan yang tidak memiliki otak yang pertama adalah bulu babi. Bulu babi adalah binatang dengan kulit yang tajam seperti duri dan banyak ditemukan di dasar laut.

Walaupun tajam dan berbahaya, bulu babi bukan hewan beracun. Bagian dalam tubuh babi hanya terdiri dari organ yang mengatur sistem vaskular dan air.

Sistem tersebut mengatur tekanan air di dalam tubuhnya dan membantu bulu babi terus bergerak dan mengontrol asupan makan.

2. Teripang

Teripang disebut juga dengan sea cucumber. Teripang adalah hewan yang tidak memiliki otak.

Walaupun tidak punya otak, teripang adalah hewan yang berbahaya karena bisa mengeluarkan racun bernama holothurin, yang bisa membuat manusia buta permanen.

3. Ubur-ubur

Hampir semua jenis ubur-ubur tidak punya otak. Walaupun begitu, ubur-ubur terus bergerak. Ubur-ubur berpindah tempat dengan mendorong dirinya melalui dorongan dari menyemprotkan air dati mulutnya.

Uniknya, untuk menggantikan fungsi otak, ubur-ubur memiliki sistem saraf yang unik. Jika ada yang menyentuh tentakelnya, ubur-ubur akan memberikan reaksi dengan cepat dan menyengat dengan racunnya.

Itu sebabnya jangan berenang mendekati ubur-ubur dengan sengaja. Ubur-ubur tidak akan berenang sengaja ke arahmu karena mereka tidak punya otak.

4. Terumbu

Sebagian orang mengira terumbu adalah tumbuhan, padahal terumbu adalah binatang dan tidak memiliki otak.

Hal yang membuat terumbu adalah hewan karena hewan harus mencari makanannya sendiri. Tidak seperti tumbuhan yang bisa memproduksi sendiri.

5. Bintang laut

Bintang laut adalah kerabat dekat teripang. Bintang laut tidak memiliki otak. Bintang laut memiliki mata kecil di tiap ujung lengannya.

Guna mata tersebut adalah untuk membedakan siang dan malam serta mendeteksi pergerakan di sekitarnya.

Mendeteksi pergerakan ini berfungsi untuk mencari mangsa dan untuk melindungi diri dari musuh.

Azizah/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya