Candi Risan di Gunungkidul, Arcanya Pernah Dicuri dan Dibawa sampai Singapura

sumber: travel.kompas.com

info.hallobanua.com - Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ternyata juga memiliki situs sejarah berupa candi.

Candi Risan adalah situs sejarah itu yang lokasinya berada di Kelurahan Candirejo, Kapanewon atau Kecamatan Semin.

Dari Kota Yogyakarta apabila hendak ke Candi Risan, pengunjung harus melalui Provinsi Jawa Tengah, yakni Kabupaten Klaten dan Sukoharjo, lalu ke arah Semin. Setelah gapura pintu masuk Gunungkidul, ada petunjuk arah ke kiri dan terdapat gapura cukup megah.

Candi Risan terletak di sekitar permukiman warga. Bentuknya tidak utuh seperti Borobudur atau Prambanan. Namun, masih terlihat tumpukan batu dan anak tangga yang dulu diperkirakan bekas muka candi.

"Untuk pengunjung tidak begitu ramai. Sebulan, ditotal 100 sampai 200 orang. Ada dari kalangan pelajar hingga wisatawan mancanegara. Banyak dari Solo yang berdoa di sini juga, sampai malam," kata tokoh masyarakat bernama Joko Hariyono (62), Kamis (16/12/2021).

Seputar Candi Risan

Gunungkidul Candi Risan terdiri dari dua bangunan yang berderet dari utara ke selatan dengan arah ke barat. Hal ini dindikasikan dengan adanya penemuan trap tangga naik menuju candi.

Diperkirakan Candi Risan merupakan salah satu cagar budaya masa lalu yang berasal dari abad IX-X Masehi.

Dari papan informasi, diketahui Candi Risan berada di ketinggian 136 meter di atas permukaan air laut (mdpl) dengan luas area candi 2.000 meter persegi.

Sisi utara candi masih cukup terlihat dengan tumpukan bagian kaki dan bagian tubuh candi saja. Sementara bagian atap candi sudah mengalami kerusakan parah. Tumpukan batu diletakkan di sekitar candi.

Candi utara berukuran 13 x 13 meter dan mempunyai penampil pada bagian-bagian sudut. Sedangkan candi selatan polos, hanya berdenah persegi berukuran 11,5 x 11,5 meter.

Azizah/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya