Catatan Konsumsi BBM Toyota Raize GR Sport TSS

sumber: otomotif.kompas.com

info.hallobanua.com - Usai membahas soal perfoma, kini giliran menakar konsumsi bahan bakar Toyota Raize GR Sport TSS, saat redaksi ajak jalan-jalan dari Ibu Kota menuju Yogyakarta.

Meski hadir sebagai SUV kompak, namun tenaga dari mesin turbo dengan kapasitas 1.000 cc tiga silinder ini patut diperhitungkan. Terutama saat digunakan di dalam kota.

Toyota Raize GR Turbo memiliki karakter respons mesin responsif dari putaran bawah, sehingga cocok untuk menghadapi kondisi stop and go. Apalagi dari sisi handling juga tergolong cukup nyaman karena bodi yang kompak.

Bila pengemudi merasa tarikan mesin kurang, bisa menggunakan power mode yang bakal menyajikan gas lebih ringan dan menjambak.

Tapi, ketika diajak melintasi tol ratusan kilometer, ada kalanya napas Raize habis. Terutama, ketika harus melakukan overtaking alias menyusul kendaraan di depan. Butuh momentum, agar tenaga tidak kehabisan.

Lantas bagaimana soal konsumsi bahan bakarnya?

Dari hasil pengujian singkat yang dilakukan tim redaksi di dalam dan luar kota dengan kondisi jalan yang bervariasi, sampai melewati ruas tol menuju Yogyakarta, konsumsi rata-rata Raize GR Sport CVT berdasarkan MID mencapai 12,6 km per liter (kpl) dengan total jarak tempuh 592,8 km.

Artinya dengan satu liter bensin yang dihabiskan, Raize GR Sport bisa digunakan untuk menempuh jarak kurang lebih mencapai 12 km. Tentunya hal tersebut hanya hitungan rata-rata saja.

Bahkan, saat melintasi ruas dalam kota, dengan posisi hanya tiga penumpang dan berkendara santai tanpa beban barang, MID sempat menunjukkan angka di kisaran 14,2 kpl. Adapun kecepatan rata-rata yang dilakoni adalah 40 kpj sampai 100 kpj.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi masalah konsumsi bahan bakar, mulai dari kondisi jalan, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, beban barang yang dibawa di kabin, dan sebagainya.

Toyota Raize GR Turbo ini memang menjawab kebutuhan soal perfoma, meski begitu mobil ini tetap menghadirkan sisi fun to drive.

Azizah/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya