Daftar Operator Seluler dengan Internet Terkencang di Indonesia, Telkomsel Teratas

sumber: internet.kompas.com

info.hallobanua.com - Lembaga riset jaringan mobile, OpenSignal, kembali melakukan riset untuk mengukur kecepatan internet pada lima operator seluler terbesar di Indonesia.

Dalam laporan bertajuk "Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Desember 2021", OpenSignal memaparkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap operator seluler Tri, Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL.

Dari riset tersebut, Telkomsel kembali dinobatkan sebagai operator seluler yang mencatat kecepatan download dan upload tertinggi secara nasional versi OpenSignal.

OpenSignal melaprokan kecepatan download internet Telkomsel rata-rata mencapai 16,3 Mbps.

Angka tersebut 5,3 persen lebih cepat dibandingkan XL yang di urutan kedua dengan kecepatan download rata-rata 15,5 Mbps.

Menyusul di urutan ketiga, Indosat mencatat kecepatan download rata-rata sebesar 13,2 Mbps.

Adapun posisi keempat dan kelima diisi oleh Hutchison Tri dan Smartfren dengan kecepatan download rata-rata masing-masing 10,98 Mbps dan 8,9 Mbps.

Sementara untuk rata-rata kecepatan upload (unggah), Telkomsel lagi-lagi unggul dengan kecepatan upload mencapai 8,1 Mbps.

"Telkomsel memenangkan penghargaan Pengalaman Kecepatan Unduh dan Pengalaman Kecepatan Unggah karena pengguna menikmati unduh rata-rata tercepat 16,3 Mbps dan kecepatan unggah 8,1 Mbps di jaringan Telkomsel," ungkap analis OpenSignal, Hardik Khatri, dihimpun KompasTekno dari OpenSignal, Rabu (8/12/2021).

Meski berada di posisi ketiga dalam urutan kecepatan download, Indosat berada di posisi kedua dalam hal kecepatan upload.

OpenSignal melaporkan bahwa Indosat meraih kecepatan upload hingga 7,2 Mbps. Kecepatan tersebut lebih tinggi dibanding XL dan Tri, yang masing-masing di angka 6,7 Mbps dan 5,9 Mbps.

Menempati posisi terakhir, angka kecepatan upload rata-rata Smartfren cukup berbeda jauh dengan keempat rivalnya, dengan capaian 1,7 Mbps.

Sebagai informasi, riset yang dijabarkan dalam laporan OpenSignal telah dilaksanakan selama 90 hari, yakni mulai dari 1 Agustus 2021 hingga 29 Oktober 2021.

Informasi lebih detail tentang hasil riset ini bisa dilihat di situs resmi OpenSignal di tautan berikut ini.

Azizah/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya