Ini Rekomendasi Brand dengan Material Ramah Lingkungan yang Dibuat dengan Proses Berkelanjutan

sumber: fashion.kompas.com

info.hallobanua.com - Industri fashion adalah salah satu yang berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan.

Menurut temuan Changing Markets Foundation yang dirilis pada Juni 2021 lalu bahwa industri pakaian bertanggung jawab atas lebih dari 20 persen polusi air di dunia.

Bahkan, menurut laporan International Union for Conservation of Nature tahun 2017 menunjukkan bahwa tekstil akan menjadi sumber polusi mikroplastik laut terbesar di dunia.

Inilah mengapa penting bagi kita agar lebih bijak dalam mengonsumsi pakaian supaya tak berakhir menjadi penyebab kerusakan lingkungan.

Adapun salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih pakaian yang ramah lingkungan dan diproduksi secara berkelanjutan.

Lenzing Group, melalui salah satu merek serat unggulannya, LENZING™ ECOVERO™, berbagi rekomendasi merek fashion yang telah menerapkan konsep sustainability dan menggunakan material serat alami LENZING™ ECOVERO™.

Melansir dari PARAPUAN, tak hanya ramah lingkungan, produk fashion yang terbuat dari serat ini juga lembut di kulit, memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga cocok untuk iklim tropis, dan tahan lama.

1. Yonivida & This is a love song

Merek pakaian dalam yang diproduksi secara berkelanjutan di Bali ini tidak hanya menggunakan material serat alami LENZING™ ECOVERO™, tetapi juga sekaligus memberdayakan komunitas dan masyarakat lokal dalam proses produksinya.

Berawal dari produk kaos sederhana, This is a love song (TIALS) yang telah didirikan sejak 2010 kini memperluas koleksinya hingga ke intimate wear dan body suit.

TIALS juga berkomitmen untuk berkontribusi mengurangi jejak emisi karbon di industri fashion dengan menggunakan material yang ramah lingkungan, memanfaatkan kemasan yang dapat didaur ulang, serta mendonasikan satu bibit pohon untuk setiap pembelian produk TIALS.

Intip koleksi This is a Love Song di sini.

Sementara itu, Yonivida yang pertama kali diperkenalkan pada 2020 di tengah masa pandemi juga memiliki visi untuk menciptakan produk fashion yang berkelanjutan.

Selain menggunakan serat LENZING™ ECOVERO™, Yonivida juga berkolaborasi dengan komunitas lokal untuk proses produksi.

Kawan Puan bisa mengintip koleksi Yonivida di sini.

2. H&M Indonesia

Merek fashion global yang berasal dari Stockholm, Swedia ini juga menawarkan koleksi pakaian untuk perempuan dan laki-laki yang memanfaatkan serat ramah lingkungan LENZING™ ECOVERO™.

Koleksi ini terdiri dari basic, atasan, bawahan, hingga dress, yang bisa kamu intip di laman resmi H&M Indonesia.

3. Alowalo

Bagi Kawan Puan yang menyukai gaya santai dan simple untuk aktivitas sehari-hari, koleksi basic t-shirts dan loungewear dari Alowalo dapat menjadi pilihan yang tepat.

Alowalo menawarkan beragam pilihan kaos dan loungewear yang dapat dikenakan saat bepergian, jalan-jalan, maupun beraktivitas di rumah.

Tak hanya penuh gaya, produk Alowalo juga ramah lingkungan berkat material serat LENZING™ ECOVERO™.

Temukan juga koleksi kolaborasi dengan Alika Islamadina yang menggunakan serat LENZING™ ECOVERO™ di situs web Alowalo.

4. SARE/studio

Didirikan pada 2015 oleh Cempaka Asriani dan Putri Andamdewi, SARE/studio menghadirkan #EverydayPajamas pertama di Indonesia untuk perempuan, laki-laki, dan anak-anak.

Produk SARE/studio bervariasi dari piyama hingga pakaian rumah yang nyaman dan desain yang sederhana.

Selama 20 tahun pengalaman di dunia fashion, Cempaka dan Andam mematangkan perspektifnya dalam membangun dan membentuk brand asal Jakarta ini, dengan melahirkan produk yang dapat menemani aktivitas dan keseharian. Intip koleksi Sare/Studio di sini.

5. Zalia

Pertama kali dikenalkan pada 2014, Zalia adalah brand modest fashion yang diinisiasikan oleh platform fashion e-commerce, Zalora.

Zalia menawarkan berbagai pilihan pakaian muslim baik untuk perempuan maupun laki-laki, mulai dari pashmina, kaftan, baju koko, dan hijab.

Melalui koleksi bertajuk ‘Earth Edit’, Zalia menampilkan koleksi modest fashion yang secara khusus diproduksi menggunakan serat alami LENZING™ ECOVERO™ dan proses yang ramah lingkungan serta berkelanjutan.

Itu dia beberapa rekomendasi brand fashion yang ramah lingkungan dan berkelanjutan yang bisa Kawan Puan coba.

Dengan memilih merek fashion yang menggunakan material alami dan diproduksi secara berkelanjutan, kamu juga turut berkontribusi menciptakan lingkungan yang asri serta menjadikan industri fashion dan tekstil di Indonesia lebih hijau.

Semoga rekomendasi brand fashion ini dapat menjadi referensi gaya di tahun mendatang untuk berbagai suasana yah.

Azizah/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya